TangerangNews.com

Hari Lahir Pancasila, DKM Masjid Raya Al-Azhom Serukan Kerukunan Umat

Deni Ardiansyah | Kamis, 1 Juni 2017 | 13:30 | Dibaca : 1198


Pengurus Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang menggelar kegiatan Ramadan berupa mendengarkan ceramah setelah salat zuhur, Kamis (1/6/2017). (@TangerangNews2017 / Deni Ardiansyah)


TANGERANGNEWS.com-Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al-Azhom Kota Tangerang menggelar kegiatan Ramadan berupa mendengarkan ceramah setelah salat zuhur, Kamis (1/6/2017).

Sebelum kuliah tujuh menit (Kultum) dimulai, dilaksanakan terlebih dahulu salat zuhur berjamaah yang  diimami oleh KH Abdurrohman Makmun. Kemudian dilanjutkan dengan kultum yang akan disampaikan oleh KH Ahmad Rifai.

Dalam kultumnya KH Ahmad Rifai berpesan kepada jamaah masyarakat agar senantiasa mengingat Allah dalam setiap rakaat salah. "Sholat itu seluruh rakaatnya harus inget Allah SWT," katanya di hadapan jamaah Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang, Kamis (1/6/2017).

Dalam rangka hari lahir Pancasila saat ini Kamis (1/6/2017), KH Ahmad Rifai menyerukan kepada jamaah agar tetap menjaga kerukunan dan persatuan umat antar masyarakat sekitar. Dia menegaskan bahwa Pancasila itu merupakan buah pikiran dan hasil pemikiran orang Islam juga. Maka sudah sewajarnya umat Islam jauh lebih tahu apa itu Pancasila.

#GOOGLE_ADS#

"Jadi jangan dibilang orang islam anti pancasila. Orang Islam lebih tahu Pancasila," jelasnya.

Masih dalam penuturannya, KH Ahmad Rifai mengajak agar seluruh jamaah dan umat untuk jaga persatuan dan memberikan kemanfaatan bagi semua orang. DIa juga menegaskan bahwa tidak ada Islam radikal. "Tidak ada Islam Radikal, Islam itu ya bagini rahmatan lil 'alamin," tegasnya.

Merespon ceramah itu, seorang jamaah sangat mengapresiasi isi yang disampaikannya. Lukman mengatakan, jaga persatuan itu sangat penting terlebih dalam situasi kondisi yang mudah sekali menjadi panas dan sensitif.

"Saya sebagai jamaah perlu untuk menjaga kerukunan dan memberikan manfaat untuk masyarakat," tandasnya.