TangerangNews.com

Mulai 17 Juli 2017, Korean Airlines Beroperasi di Terminal 3 Internasional

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 14 Juli 2017 | 20:00 | Dibaca : 1723


Pesawat Korean Air. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Sejumlah maskapai penerbangan internasional yang tergabung dalam aliansi Skyteam mulai memindahkan operasional penerbangan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah sebelumnya  Saudi Arabian Airlines dan Vietnam Airlines, mulai tanggal 17 Juli 2017 Korean Airlines juga akan mengoperasikan penerbangannya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Adapun rute yang akan dilayani sama seperti di Terminal 2, yakni Jakarta-Seoul. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan pesawat berbadan besar, Boeing 777-300 ER dengan kapasitas 291 penumpang, dengan rincian 8 first class, 56 business class, 227 ekonomi. Korean Air akan melayani para pengguna jasa di check in counter B14-B20.

PT Senior General Manager Bandara Soekarno Hatta Fahroji menyampaikan, bahwa pihak PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta telah mempersiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan dalam proses perpindahan ini.

“Prinsipnya, semua fasilitas yang ada di Terminal 3 sudah siap untuk digunakan, baik di sisi airside atau pun landside,” ujar Fahroji.

Ia lalu melanjutkan, Terminal 3 Internasional saat ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern seperti, baggage handling system (BHS), Flight Information Display System (FIDS) , Ground Support System (GSS), Visual Docking Guidance System (VDGS) serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara dalam mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

#GOOGLE_ADS#

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi,  15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kami pun telah bersinergi dengan pihak CIQ untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa,” terang Fahroji.

Dalam aspek pengamanan, Terminal 3 Internasional memiliki 12 unit x-ray dan dua unit body scanner. Kedepan, akan ditambah menjadi enam unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan penerbangan.

Sejumlah tenant makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang dan pengunjung terminal. Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung  seperti free wifi, free internet booth, free charging booth, free drinking water, dan dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di Internasional. Rencananya tahun ini juga akan dioperasikan Automated People Mover System (APMS) yang akan memudahkan mobilitas penumpang dalam bandara

" Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," tutup Fahroji.(DBI)