TangerangNews.com

Menhub Sebut Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta Mirip Luar Negeri

Ray | Selasa, 15 Agustus 2017 | 18:00 | Dibaca : 679


President Director AP II Muhammad Awaluddin bersama rombongan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat mencoba operasional Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (15/8/2017). (@TangerangNews2017 / Ray)


TANGERANGNEWS.com-Pengoperasian kereta tanpa awak atau skytrain di Bandara Soekarno-Hatta mendapat apresiasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dalam uji coba yang dilakukannya bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Selasa (15/9/2017), Menhub menilai skytrain ini tidak kalah bagus dengan yang ada di luar negeri.

“Saya sudah merasakan di Jepang, Kuala Lumpur, Korea, ini sudah perfect. Kereta yang dibuat juga sama baiknya dengan yang ada di Korea,” katanya.

Menhub sendiri melakukan uji coba kereta tersebut dalam jarak tempuh yang pendek, yakni hanya sekitar 500 meter dari Terminal 3. Menurutnya, skytrain ini bisa membuat pelayanan Bandara Soekarno Hatta lebih baik lagi. "Ini satu lagi hasil karya anak bangsa yang dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan," ujarnya.

#GOOGLE_ADS#

Untuk diketahui, proyek skytrain di Bandara Soekarno-Hatta dikerjakan oleh konsorsium perusahaan asal Indonesia dan luar negeri. Salah satu diantaranya berasal dari Korea Selatan, yakni Woojin yang menyokong gerbong kereta untuk unit skytrain.

Ada tiga trainset skytrain yang akan dioperasikan untuk memudahkan pengguna jasa bandara berpindah dari satu terminal ke terminal lain. Satu trainset terdiri dari dua gerbong kereta yang dapat menampung penumpang dengan kapasitas 176 orang.

Headway skytrain di tiap terminal ditargetkan maksimal lima menit. Sedangkan waktu tempuh skytrain dari Terminal 1 menuju integrated building ke Terminal 2 dan Terminal 3 ditetapkan sekitar tujuh menit.(RAZ)