TangerangNews.com

Layanan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta Gratis

Ray | Selasa, 15 Agustus 2017 | 18:00 | Dibaca : 990


President Director AP II Muhammad Awaluddin (kanan) tengah memberi penjelasan terkait operasional Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (15/8/2017). (@TangerangNews2017 / Ray)


TANGERANGNEWS.com-Layanan kereta tanpa awak atau skytrain yang mulai dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta tidak akan dipungut biaya biaya alias gratis. Dengan layanan ini, penumpang bisa dengan mudah dan bebas berpindah dari satu terminal ke terminal lain.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin usai meninjau pengoperasian Skytrain bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (15/8/2017).

"Penggunaan skytrain oleh penumpang pesawat atau pengunjung bandara sama sekali tidak dikenakan tambahan biaya," katanya.

Menurut Awaluddin, lokasi skytrain terletak di area publik tiap terminal. Untuk tahap pertama, tiga trainset skytrain sedang diuji cobakan dari Terminal 3 menuju Terminal 2 dengan panjang 1,7 kilometer.

#GOOGLE_ADS#

“Secara bertahap, skytrain akan dioperasikan dari Terminal 2 ke Terminal 1, lalu ke Integrated Building yang terkoneksi langsung dengan layanan kereta bandara, kemudian kembali lagi ke Terminal 3,” jelasnya.

Untuk headway skytrain ditargetkan tiap lima menit, sehingga pengguna jasa bandara tidak perlu terlalu lama menunggu layanan tersebut tiba.

Awaluddin mengungkapkan, pihaknya merencanakan skytrain beroperasi penuh pada akhir tahun 2017 mendatang. “Adapun uji coba dilangsungkan di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, selama sebulan untuk dievaluasi dan dinyatakan lolos sertifikasi atau tidak,” katanya.(RAZ)