TangerangNews.com

Dinkes Tangsel Tes Kebugaran Ratusan Calon Jemaah Haji

Advertorial | Kamis, 12 April 2018 | 19:00 | Dibaca : 390


Dinas Kesehatan Tangerang Selatan melakukan tes kebugaran bagi ratusan calon jemaah haji asal Tangsel,di kawasan Tandon Ciater, Serpong Kamis (12/4/2018). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan Tangerang Selatan melakukan tes kebugaran bagi ratusan calon jemaah haji asal Tangsel yang akan di berangkatkan di musim haji tahun 2018 ini. 

Tes kebugaran yang dilakukan di kawasan Tandon Ciater, Serpong ini diikuti oleh sekitar 320 peserta calon jemaah haji dari seluruh Tangsel dengan usia antara 19 sampai 74 tahun.

"Jumlah calon jemaah haji kita tahun ini 1.300-an. Saat ini yang mengikuti tes kebugaran tahap 2 dengan total peserta 320 orang,"ujar Pipin Zaenal Mutaqin ,pemegang Program Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinkes Tangerang Selatan,  kepada Tangerangnews.com, Kamis (12/4/2018)

BACA JUGA:

Tes kebugaran calon jemaah haji ini pun dilakukan mengikuti peraturan Permenkes Nomor 15/2016 tentang Isthitaah kesehatan jemaah haji. 

Dimana tes kebugaran yang dilakukan berupa Rockport tes , dimana jemaah diminta menempuh jarak 1.600 meter baik itu dengan berjalan, jogging maupun lari , pengecekan tensi tekanan darah, pengecekan gerak fungsi anggota badan, pengukuran berat dan tinggi badan, serta assasment terkait riwayat penyakit yang pernah diderita calon jemaah haji.

"Jemaah haji yang mau berangkat harus tercatat tingkat kebugarannya minimal cukup, supaya tahu cukup tidaknya tingkat kebugaran ya dites. Agar siap fisik disaat menjalankan Ibadah Haji," terangnya.

Selain itu, jika nantinya terdapat calon jemaah haji yang belum cukup tingkat kebugarannya, maka akan disarankan mengikuti program pelatihan khusus guna meningkatkan tingkat kebugaran. Seperti berolahraga rutin, menjalankan pola hidup sehat dan pengecekan kesehatan secara rutin sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci.

#GOOGLE_ADS#

"Kalau nantinya ada calon jemaah haji yang tingkat kebugarannya kurang, bisa dilakukan latihan di rumah. Tujuannya agar nanti saat pemberangkatan semua jamaah haji memiliki tingkat kebugaran minimal cukup, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan mandiri. Karena sama-sama kita ketahui bahwa ibadah haji adalah ibadah yang banyak melibatkan aktivitas fisik,"tandasnya

Hasil tes kebugaran sendiri akan dikeluarkan dalam waktu dua sampai tiga hari kedepan dan nantinya akan dikirimkan melalui Puskesmas atau KBIH setempat dimana calon jemaah haji tersebut tinggal.(ADV)