TangerangNews.com

2025 Kapasitas Penumpang di Soetta Capai 100 Juta

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 16 April 2018 | 11:00 | Dibaca : 262


Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awalludin bersama para rekan lainnya. (@TangerangNews.com / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Kapasitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di  Tangerang, Banten akan ditingkatkan hingga 100 juta lebih penumpang pertahun pada tahun 2025.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pada 2017 lalu Bandara Soetta telah berhasil melayani 63 juta penumpang.

"Kapasitas yang sekarang ini sudah 63 juta, kita akan rencanakan bisa menampung kurang lebih 100 juta lebih," kata Budi, kemarin. Untuk merealisasikan target tersebut maka jumlah pergerakan pesawat akan ditingkatkan dari 81 pergerakan per jam menjadi 114 pergerakan per jam.

BACA JUGA:

Guna menunjang pergerakan pesawat akan dibangun landasan pacu (runway) baru yakni runway tiga dan area penghubung landasan pacu dengan pelataran pesawat atau taxi way.
"Kalau diterjemahkan dalam bentuk movement (pergerakan) kalau sekarang 81 per jam nanti diharapkan  114 per jam maka kita tengah membangun runway ke tiga dan taxi way," ucap Budi Karya.

 #GOOGLE_ADS#


Selain itu, juga akan dibangun Cargo Village untuk menambah kapasitas pergerakan kargo barang karena permintaan pengiriman barang terus melonjak.
Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awalludin, selaku pengelola Bandara menyebutkan pembangunan tiga fasilitas yang mencapai 216 hektare persegi itu diharapkan rampung pada Agustus 2019.
"Runway pembangunannya 16 bulan, mungkin kita hitung runway dan paralel taxiway ini selesai di sekitar Juli atau Agustus 2019," ujar Awalludin.(DBI/RGI)