TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Terus Wujudkan UMKM Berkualitas

Advertorial | Jumat, 11 Mei 2018 | 18:00 | Dibaca : 2036


Kasie Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Endang Purwaningsih saat menampilkan dagangan milik pelaku UMKM yang akan dipasarkan. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Berbagai program pelatihan dan pembinaan dilakukan Pemerintah Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kemajuan UMKM dapat mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Sayuti mengatakan, jumlah UMKM di Kota Tangerang pada tahun 2014 dan 2015 sebanyak 10.079 unit mengalami peningkatan pada tahun 2016 dan 2017 menjadi sebesar 10.432 unit.

Menurutnya, apabila dilihat dari dominasi jumlah usaha mikro sebesar 9.990 atau 95,76 persen dari total usaha pada tahun 2017. Sedangkan usaha kecil sebanyak 431 atau sebesar 4.13 persen adapun usaha menengah terdapat 11 usaha atau sebesar 0,11 persen dari total usaha di tahun 2017.

"Setiap tahun mengalami peningkatan, Kami terus gulirkan program-program yang mendorong pertumbuhan UMKM," ujarnya, Jumat (11/5/2018).

Kabid UKM pada Dinas Koperasi dan UKM Sarmili menuturkan, program yang rutin dilakukan pihaknya adalah dengan pelatihan kewirausahaan bagi pemula maupun pelaku UMKM yang telah berjalan.

"Upaya ini agar UKM di Kota Tangerang semakin bertambah dan tumbuh berkembang," ucapnya.

Pelaku UMKM dari 13 Kecamatan akan mendapatkan wawasan usaha, pengetahuan terkait Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), promosi digital, cara pengemasan produk makanan dan minuman dan lain sebagainya.

"Adanya pelatihan agar UMKM dapat lebih profesional, mulai dari cara berdagangnya, menejemennya, cara promosinya dan cara pemasarannya, sampai dengan brendingnya juga harus bagus," tuturnya.

#GOOGLE_ADS#

Selain itu, pihaknya pun turut memfasilitasi pemasaran produk UMKM Kota Tangerang, yang di antaranya kerjasama dengan pengelola Bandara Soekarno-Hatta. Dalam setahun omset penjualan ratusan produk UKM asal Kota Tangerang  menembus Rp 1,8 miliar.

"Penjualan yang baik ini menandakan produk UMKM Kota Tangerang berkualitas dan diminati masyarakat, fasilitasi penjualan akan terus diperluas ke tempat lainnya," imbuhnya.

Sarmili menambahkan, upaya lainnya dalam memfasilitasi UMKM adalah dengan mempersiapkan portal Dinas Koperasi Dan UKM Siapkan Portal Pemasaran Produk.

"Saat ini pemasaran digital efektif dalam memperkenalkan dan pemasaran produk oleh karenanya kami juga menyiapkan portal khusus pemasaran UKM bekerjasama dengan Diskominfo," paparnya.(RAZ/RGI)