TangerangNews.com

Jelang Ramadan, Masyarakat Kampung Bekelir Munggahan Bareng

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 13 Mei 2018 | 11:00 | Dibaca : 1418


Kegiatan munggahan dan rowahan menjelang puasa yang dilakukan Masyarakat Kampung Bekelir. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Seluruh muslim di dunia termasuk Indonesia sedang bersiap menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Begitupun di Kota Tangerang. Masyarakat Kampung Bekelir menyambutnya dengan menggelar tradisi munggahan dan rowahan akbar.

Para tokoh masyarakat, alim ulama, ibu-ibu dan pemuda di lingkungan setempat pun duduk bareng.

Mereka berjejeran dengan rapih di sepanjang gang utama kampung warna-warni, Jalan Pemekaran RW 01, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kegiatan munggahan dan rowahan akbar puasa ini berlangsung seusai Bada Isya yang dimulai dengan tampilan Hadroh dan doa bersama.

Menurut Panitia Kegiatan Syamsul Anwar, tujuan daripada kegiatan munggahan ini untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Selain itu, Syamsul bertutur, juga untuk menjaga tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik lagi serta melestarikannya.

#GOOGLE_ADS#

"Munggahan atau rowahan akbar ini mampu menjadi sebuah tradisi baru yang baik, seperti halnya halal bil halal. Dan warga bisa semangat dalam menyambut bulan puasa," ujarnya kepada TangerangNews.com, Sabtu (12/5/2018) malam.

Munggahan ini, diyakini para warga kampung warna-warni mampu menumbuhkan semangat silaturahim di lingkungannya.

Seusai berdoa, para warga pun munggahan bareng dengan menyantap masakan prasmanan, kue basah, buah dan hidangan lainnya.(RAZ/RGI)