TangerangNews.com

Ribuan Pemudik Berangkat dari Tigaraksa

Mohamad Romli | Minggu, 10 Juni 2018 | 14:00 | Dibaca : 2125


Para pejabat tiga pilar dilingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang saat melakukan pelepasan keberangkatan para peserta mudik gratis di Kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Minggu (10/6/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Sekitar 3.000 peserta mudik gratis dilepas oleh pejabat tiga pilar di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang di Kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kecamatan Tigaraksa, Minggu (10/6/2018).

Sedari pagi, sekitar pukul 07.00 WIB, ribuan pemudik dengan tujuan berbagai kota di Jawa itu telah memadati lokasi. Wajah Sumringah tampak dari wajah-wajah perantau yang akan segera bertemu dengan sanak famili di kampung halaman.

45 bus dengan jumlah penumpang masing-masing sekitar 50 orang itu pukul 08.00 WIB dilepas keberangkatannya secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tangerang Komarudin yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid, Perwakilan Direktorat Kemenhub RI Ahmad Yani, Komandan Kodim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Yogi Muhamanto, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif, Kadishub Kabupaten Tangerang Bambang MS dan asisten daerah (Asda) II Kabupaten Tangerang Ahdiat Nuryasin.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Tangerang Komarudin berpesan kepada pemudik untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama dalam perjalanan. Ia juga mengaatakan, kegiatan itu telah menjadi agenda rutin Pemkab Tangerang dengan membantu para pemudik berupa armada bus.

Komarudin juga mengingatkan, agar para pemudik yang memiliki hak pilih dalam Pilkada Kabupaten Tangerang yang akan dihelat 27 Juni ini, untuk kembali ke Tangerang sebelum tanggal pencoblosan atau pemberian suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jangan lupa  pulang sebelum tanggal 27 Juni dikarenakan ada Pilkada," pesannya.

Ditambahkan Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif, mudik dengan menggunakan moda transportasi bus dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas dibandingkan menggunakan kendaraan roda dua. 

"Sebanyak 45 bus ini mengangkut sekitar 3.000 orang, dengan demikian, mengurangi juga kepadatan lalu lintas serta meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dibandingkan menggunakan sepeda motor," ungkapnya.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0510 Tigaraksa Letkol Inf Yogi Muhamanto berpesan kepada awak bus untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dibandingkan dengan kecepatan, mengingat kemacetan lalu lintas di jalan kerap memicu labilnya kondisi emosi para sopir.

#GOOGLE_ADS#

"Saya ingatkan bahwa keselamatan harus selalu diutamakan, mari jadi pengendara yang selalu berdisipilin, mentaati peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan bersama," tegasnya.

Diketahui, 45 bus yang diberangkatkan itu diantaranya 35 bus bantuan dari Kementerian Dinas Perhubungan untuk  tujuan Jawa Barat, Jawa tengah dan Yogyakarta serta 10 bus bantuan dari Pemkab Tangerang untuk tujuan Jawa Barat, Jawa tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur itu selesai diberangkatkan.

Sekitar pukul 09.45 WIB,  semua armada telah diberangkatkan. Turut hadir juga dalam kegiatan dengan tajuk Mudik Guyub 2018 itu Danramil 06/Tigaraksa Kapten Arh Peristiwa Sihotang.(RAZ/RGI)