TangerangNews.com

Pergerakan Penumpang di 15 Bandara Angkasa Pura II Capai 9 Persen

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 14 Juni 2018 | 09:00 | Dibaca : 573


Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. (@tangerangnews 2018 / Denny Bagoes Irawan)





TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero)  telah membuka posko angkutan Lebaran sejak tanggal 7 Juni 2018 atau H-8.  Sampai dengan tadi malam Selasa 12 Juni 2018,  tercatat pergerakan penumpang di 15 bandar udara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

 "Kami mengumpulkan data pergerakan penumpang sampai tadi malam sekitar 2.063.000 orang,  dengan pergerakan pesawat hampir 14.500 take off dan landing. Kami melihat bahwa pergerakan pesawat tumbuh kurang lebih 4,5%. Sementara pergerakan penumpang naik 9% dibandingkan periode yang sama dalam arus mudik tahun lalu. Angka ini sangat dinamis, baik pergerakan penumpang dan pesawat," ujar Muhammad Awaluddin, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) saat di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (13/6/2018).

#GOOGLE_ADS#

Dia menyatakan, pola pergerakan tahun ini cukup berbeda dibandingkan arus mudik tahun lalu. "Pola pergerakan penumpang dan pesawat tahun ini relatif lebih merata, tersebar. Karena, waktu liburnya cukup panjang. Sehingga tidak ada lonjakan yang signifikan pada H-3 dan H-2," katanya.


Hanya di Bandara Soekarno-Hatta, paling tinggi terjadi pada H-7, dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 206 ribu. Semalam H-3, kembali diangka 204 ribu penumpang. "Tahun lalu H-3 dan H-2 sangat ekstrem dibandingkan periode sebelumnya," ujarnya.



Perkiraan arus balik nanti, menurut Awaluddin, diperkirakan terjadi akan sedikit bersamaan. "Karena biasanya arus balik selalu diikuti libur yang berakhir.  Kembalinya bisanya bersamaan. Kami memperkirakan sekitar tanggal 19 dan 20, Jumat Sabtu, Minggu akan terjadi pergerakan cukup tinggi untuk arus balik," jelasnya.