TangerangNews.com

Atasi Lonjakan Penumpang, AP II Akan Bangun Terminal 4 di Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:43 | Dibaca : 3323


Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika mempresentasikan arus mudik kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018). (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II akan membangun Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta. Proyek yang menelan anggaran Rp 11 triliun ini untuk mengatasi peningkatan penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, progres pembangunan Terminal 4 masih dalam penyelesaian konseptual desain yang akan dituntaskan pada tahun 2018.

"Presiden memberikan instruksi kepada kita, jadi terminal 4 itu tahun ini akan menyelesaikan basic design dan mudah-mudahan bisa selesai diawal 2019. setelah itu kita masuk ke DED," ujarnya di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018).

Setelah dilanjutkan penyelesaian detail engineering design (DED), Awaluddin menuturkan dokumen tender pun kemudian akan dituntaskan.

#GOOGLE_ADS#

"Nah DED kami akan selesaikan mudah-mudahan sampai dengan Q3 2019 setelah itu kita masuk ke persiapan tender juga penyiapan lahan dan sebagainya," paparnya.

Luas Terminal 4 hampir sama dengan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Terminal 3 memiliki luas lahan 400 ribu meter perseg. Sedangkan Terminal 4 akan dibangun dengan luas lahan 390 ribu meter persegi.

"Sehingga kalau lancar pada semester 1 tahun 2020 kita sudah bisa persiapan untuk pergerakan pembangunannya," ungkapnya.

Sementara, saat ditanya lokasi terminal itu, Awaluddin mengatakan terletak di Kampung Cargo atau Cargo Village, diarea bandara Soekarno-Hatta. Proyek ini ditaksir akan menelan anggaran sebesar Rp11 triliun.

"Nilainya sendiri kita perkirakan Rp11 triliun. Itu juga termasuk keseluruhan fasilitas bukan hanya terminal," tukasnya.(RAZ/HRU)