TangerangNews.com

Dindikbud Kota Tangerang Siap Tangani PPDB SMPN Online 2018

Advertorial | Senin, 2 Juli 2018 | 19:00 | Dibaca : 1718


Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Abduh Surahman menggelar rapat persiapan PPDB SMPN Online 2018, di Tangerang LIVE Room, Senin (27/2018). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


 TANGERANGNEWS.com-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP Negeri di Kota Tangerang mulai dibuka pada Selasa (3/7/2018). Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) pun telah menyiapkan berbagai upaya agar proses PPDB berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Untuk prosesnya sendiri, dimulai dengan pendaftaran pada gelombang pertama pada tanggal 3 - 5 Juli 2018. Sedangkan di gelombang kedua pada 11 Juli 2018. "Pendaftaran mulai besok dibuka, sekitar pukul 08.00 WIB," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai rapat persiapan PPDB di Tangerang LIVE Room, Puspemkot Tangerang, Senin (2/7/2018).

Arief mengatakan sudah melakukan persiapan matang dalam menghadapi PPDB online pada tahun ini. Hal tersebut sebagai upaya mengantisipasi agar kendala - kendala yang terjadi di tahun kemarin tidak terulang kembali.

“Secara sistim kita sudah disiapkan 10 server, 6 main server dan 4 cadangan. Kalau tahun lalu cuma 3 server. Jadi Ini bagian dari upaya maksimal melayani masyarakat. Diharapkan prosesnya lancar,” jelas Arief.

Selain itu, kata Arief, pihaknya telah memilik standart operasional prosedur (SOP) jika terjadi kegagalan sistem saat PPDB online diakses banyak masyarakat. “Kita punya disaster plan jika situs PPDB overload pasti ada back up, tapi kalau tetap gagal, nanti akan diambil keputusan  apakah pendaftaran dimanualkan atau sperti apa,” jelas Arief.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, jika masyarakat mengalami kesulitan saat proses pendaftaran, sudah sediakan posko aduan baik melalui layanan help desk di nomor 0812-9819-9200 atau 0812-9810-9199, website https://PPDB.tangerangkota.go.id atau aplikasi PPDB Online SMP Kota Tangerang di android.

“Pada posko aduan ini disiagakan 8 orang operator. Mereka diperuntukan menangani dan menjawab persoalan atau kendala - kendala yang ditemui warga selama 24 jam. Langsung ditangani via chatting. Ada juga nomer WhatsApp yang bisa dihubungi," katanya.

Abduh menjelaskan, pada tahun ini ada 32 ribu lulusan SD di Kota Tangeang yang akan masuk ke SMP tahun ajaran 2018/2019. Ketersediaan bangku SMP Negeri sekitar 10.600 siswa. Sementara sisanya, 21 ribu siswa akan masuk swasta.

#GOOGLE_ADS#

"Itu total keseluruhan dari 32 SMP Negeri yang ada di Kota Tangerang. Di luar Madrasah Tsanawiyah, karena dikelola oleh Kemenag," jelasnya.

Adapun persyaratan pendaftaran diantaranya memiliki Fotokopi KTP, Kartu Keluarg dan SK yang harus ditunjukkan aslinya. Memiliki SHUS/SKHUN atau Legalisir/SK kepala sekolah asal dengan mencantumkan nilai hasilnya. Untuk usia maksimal harus 15 tahun pada tanggal 1 Juni 2018.

“Khusus seleksi jalur prestasi, harus memiliki sertifikat atau penghargaan atas prestasi bidang akademin atau non akademik,” ujarnya.(ADV)