TangerangNews.com

Modal & Pasar Kendala Pelaku UMKM di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 10 Juli 2018 | 15:30 | Dibaca : 485


Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, Selasa (10/7/2018). (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Pelaku Usaha Kecil dan Menangah (UMKM) di Kota Tangerang kerap terkendala faktor modal dan pasar untuk mengembangkan usahanya. Sehingga Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang pun menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM tersebut, Selasa (10/7/2018).

Ratusan pelaku UMKM pun antusias mengikuti pelatihan yang dihelat di ruang aula, gedung Cisadane, Kota Tangerang itu.

"Kegiatan ini memfasilitasi kemitraan bagi UKM supaya UKM kita lebih maju dari sisi produk, permodalan, dan pemasarannya," ujar Aceu Ciptaningsih, Kasie Promosi dan Kemitraan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang.

Dalam kegiatan itu, penyelenggara menggandeng pihak perbankan, praktisi UKM dan Kementerian Koperasi sebagai narasumber. Selain mendapatkan pengetahuan, peserta juga diharapkan langsung mendapatkan jejaring untuk mengembangkan usahanya.

#GOOGLE_ADS#

Masih kata Aceu, jumlah peserta pelatihan itu jumlahnya meningkat dibadingkan kegiatan sebelumnya. Menurutnya, hal itu menunjukkan  para pelaku UKM merasakan manfaat kegiatan berupa peningkatan penjualan.

"Mereka begitu antusias. Alhamdulillah para UKM perhatiannya sudah mulai bagus karena mereka sudah merasakan hasil dari pelatihan mereka ini," tambahnya.

Lebih lanjut Uceu menjelaskan, kendala pelaku UKM di Kota Tangerang adalah aspek permodalan dan pemasaran. Sehingga, selain menggelar pelatihan, pihaknya pun kerap menggelar pameran untuk mempromosikan hasil produk sekitar 10 ribu pelaku UKM yang didominasi segmen kuliner dan busana.

"Mudah-mudahan mereka lebih maju, supaya mereka lebih sejahtera," tukasnya.(RAZ/HRU)