TangerangNews.com

AirNav Ungkap Berbagai Ancaman Berbahaya Bagi Penerbangan di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 11 Juli 2018 | 17:52 | Dibaca : 1114


AirNav Bandara Soekarno-Hatta menggelar acara diskusi di Hotel Golden Tulip, Jalan Sudirman, Kota Tangerang, Rabu (11/7/2018). (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)


 

 

TANGERANGNEWS.com-Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia mengungkap berbagai ancaman penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)

Menurut Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait, pihaknya masih mendapatkan masyarakat di sekitar Bandara Soetta kerap menggunakan laser, bermain layang-layang dan drone. Ketiga hal itu ditegaskannya berpotensi mengancam penerbangan.

""Potensi yang paling bahaya itu penggunaan laser oleh masyarakat di sekitar Bandara Soetta," ujar Yohanes dalam sebuah acara diskusi di Hotel Golden Tulip, Jalan Sudirman, Kota Tangerang, Rabu (11/7/2018).

#GOOGLE_ADS#

Dijelaskannya, sinar laser dapat mengganggu jarak pandang pilot ketika akan mendaratkan pesawat. Ia menyebut sinar laser gangguan vital bagi dunia penerbangan.

"Selain itu masih ada juga warga yang bermain layang-layang dan drone disekitar bandara. Ini sangat menganggu sistem navigasi," tambahnya.

Karenanya, lanjut Yohanes, pihaknya terus melakukan kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan. Salah satunya bersinergi dengan Pemkot dan Pemkab Tangerang untuk mengedukasi masyarakat yang bermukim di sekitar bandara Soetta.

"Kami akan terus melakukan komunikasi yang rutin dengan Pemda. Kami ini kan hanya sebatas operator. Jadi tidak bisa merazia masyarakat yang bermain laser, layangan, dan drone. Tapi terus dilakukan sosialisasi serta pencegahan," tukasnya.(RAZ/HRU)