TangerangNews.com

Yuk Ikut Seminar Nasional Hadapi Bencana Alam di Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 3 Agustus 2018 | 13:18 | Dibaca : 724


Seminar Kesehatan. (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang bersama House of Medical Training (HMT) akan menggelar seminar nasional yang rencananya dihelat di Ruang Al-Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, pada 15 September 2018 mendatang.

Seminar nasional yang mengusung tema 'Update Disaster Management Of Emergency Resposibility System' tersebut bertujuan agar peserta dapat menangani kasus gawat darurat maupun bencana dalam aktifitas sehari-hari.

Semina

Ketua Pelaksana Seminar Zainul Hasan mengatakan bahwa perawat dan masyarakat sipil dapat mengikuti kegiatan seminar ini.

Sebab menurutnya, seminar ini turut mengundang Iwan Ridwanudin SPGDT-Bencana, Sony Maulana Koordinasi Lintas Sektoral dan Indah Kristina Peran Rekam Medis dalam SPGDT sebagai narasumber.

"Materi yang akan disampaikan oleh narasumber kompeten tersebut teramat penting dipahami dan diimplementasikan bagi kehidupan," ujarnya, Jumat (3/8/2018).

"Kegiatan ini adalah salah satu pengetahuan bagi masyarakat awam termasuk para relawan yang ingin terlibat dalam penanganan ke gawat daruratan. Dan akan menjadi modal atau bekal ketika terjadi bencana besar," jelasnya.

#GOOGLE_ADS#

Zainul bertutur, acara ini mampu memberikan pembelajaran bagi masyarakat khususnya bagi tenaga kesehatan untuk memahami dan mengetahui konsep teoritis dan keterampilan professional.

Pasalnya, perawat sebagai tim medis harus memiliki ilmu tersebut dalam melaksanakan tugasnya. Apalagi, saat menangani pasien dalam keadaan gawatdarurat.

"Karena pelayanan kesehatan kegawat daruratan (dalam keadaan emergency) sehari-hari adalah hak asasi manusia/hak setiap orang dan merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh semua orang," tuturnya.

Menurutnya, panitia membuka dua golongan tahap pendaftaran bagi yang ingin mengikuti seminar nasional ini. Golongan pertama yaitu dibuka pada 23 Juli - 12 Agustus 2018 dan golongan kedua yaitu pada 13 Agustus - 13 September 2018.

"Mari daftar, kuotanya terbatas. Dengan seminar nasional ini teman-teman bisa tambah pengetahuan," imbuhnya.(RAZ/HRU)