TangerangNews.com

Dirjen Imigrasi Sidak Kesiapan Pelayanan Keimigrasian di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 24 September 2018 | 16:00 | Dibaca : 1734


Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (24/9/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (24/9/2018).

Sidak tersebut dalam rangka mengecek kesiapan pelayanan Imigrasi. Pengecekan kesiapan petugas imigrasi bertujuan untuk menjelang kedatangan atlet Asian Para Games.

Dalam kesempatan ini, Ronny menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan sejumlah petugas dan konter khusus untuk melayani kedatangan serta kepulangan para kontingen Asian Para Games di terminal Internasional.

"Kita siapkan jalur khusus sebanyak 10 konter di Terminal 3, kemudian 6 konter di Terminal 2 dengan jumlah petugas imigrasi 90 orang yang nantinya dibagi 3 unit," jelas Ronny. 

Selain itu, guna mempermudah pelayanan keimigrasian terhadap oficcial dan atlet Para Games, Ronny mengaku pihaknya bekerjasama PT Angkasa Pura (AP) II dan CIQ (Customs, Immigration and Quarantine) untuk menerapkan sistem jemput bola.

"Kita siapkan jalur khusus, baik lift-nya yang bisa menampung kedatangan mereka. Termasuk juga nantinya kepulangan mereka. Jemput bola yang kita lakukan collect paspor bisa kita lakukan tapi tetap kehati-hatian, kecermatan petugas untuk mengantisipasi kecocokan paspor dengan identitas pembawa paspor ini sebagaimana biasanya kita lakukan," ucapnya.

Menurut Ronny, jemput bola artinya sejumlah petugas ditempatkan untuk memudahkan para atlet dalam pelayanan keimigrasian. Tentunya dengan bekerjasama atau bersinergi dengan instansi yang lain.

"Pertama kita bekerjasama dengan CIQ, bahwa pengawasan keimigrasian dan juga Bea Cukai untuk mengawasi barang bawaan serta karantina yang berkaitan dengan kesehatan menjadi satu kesatuan kita bekerjasama dengan Aviation Security yang ada di bandara," jelas Ronny. 

#GOOGLE_ADS#

Seperti diketahui, Asian Para Games akan mulai dihelat pada tanggal 6 - 13 Oktober 2018 di Jakarta. Asian Para Games yang dikenal sebagai pesta olahraga difabel Asia ke-3 ini sejajar dengan pesta olahraga Asian Games 2018, sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia penyandang disabilitas.(MRI/RGI)