TangerangNews.com

Terima Kirab Satu Negeri, Bupati Tangerang Diacungi Jempol Ansor Pusat

Mohamad Romli | Senin, 15 Oktober 2018 | 21:58 | Dibaca : 1562


Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menerima rombongan Kirab Satu Negeri di Lapangan Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, Senin (15/10/2018) (TangerangNews.com/2018 / Mohamad Romli)


 

TANGERANGNEWS.com-Kirab Satu Negeri (KSN) zona Sabang tiba di Kabupaten Tangerang. 17 bendera merah putih pun diserah terimakan dari Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (Ansor) Kabupaten Pandeglang kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang selanjutnya diserahkan kepada PC Ansor Kabupaten Tangerang, Senin (15/10/2018) pagi.

Serah terima yang dihadiri pengurus dan anggota Ansor serta Banser Kabupaten Tangerang itu berlangsung khidmat di Lapangan Maulana Yudha Negara, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.

Dalam sambutannya, Zaki mengatakan menyambut baik Kirab Satu Negeri tersebut. Pasalnya, kata Zaki, melihat kondisi dan situasi serta segala permasalahan sosial yang tidak sedikit, yang dianggap dapat menjatuhkan konsesus nasional bangsa Indonesia yaitu Pancasila,  Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Undang-undang Dasar 1945.

“Elemen Gerakan Pemuda Ansor secara konsisten dan berani dengan loyalitas yang tinggi kepada NKRI, terus menyampaikan pesan-pesan moral yang mengajak kita untuk terus bersama-sama menguatkan fungsi agama sebagai rahmat dan juga sumber kedamaian. Serta menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kehidupan yang majemuk dan damai,” paparnya.

Kirab tersebut juga dinilainya sebagai upaya kampanye yang positif untuk menunjukan kepada masyarakat luas, bahwa kerukunan di Indonesia bisa terwujud dengan baik, sebab kokohnya konsensus Indonesia. Oleh karena itu, Zaki sangat mengapresiasi GP Ansor khususnya di Kabupaten Tangerang, yang dianggap selalu berada di barisan terdepan.

“Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten tangerang untuk sama-sama memanfaatkan momentum dari kebersamaan kita, yang bersama-sama ber-Indonesia dan sama-sama ber-Pancasila lalu sama-sama beragama. Lalu kita sama-sama menjaga stabilitas dan kerukunan umat juga kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara, kemudian juga menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap pengabdian,” katanya.

#GOOGLE_ADS#

Sambutan Bupati Tangerang tersebut diapresiasi Ahmad Nadhif Abdul Mujib, anggota Dewan Instruktur Nasional Pimpinan Pusat GP Ansor. Menurutnya, hal yang disampaikan Zaki segaris pandangannya dengan Nahdlatul Ulama.

"Pidato pak Bupati luar biasa, pandangan sama persis dengan kami," ujar Ahmad saat ditemui usai menjadi narasumber acara Dialog Kebangsaan yang juga menjadi rangkaian kegiatan kirab tersebut di Masjid Al Amjad, Tigaraksa.

Ditambahkannya, kirab tersebut merupakan ikhtiar sederhana GP Ansor Pusat untuk mengingatkan semua elemen bangsa pentingnya persatuan. 

"Dan dari Sabang sampai Merauke kita semakin tahu titik-titik mana yang masih rawan. (Dari) sambutannya bagaimana terhadap kirab ini. Alhamdulilah di Banten aman," tambahnya.

ansor

Ditambahkan Ketua GP Ansor Kabupaten Tangerang Muhidin A Khodir, Kirab Satu Negeri merupakan kegiatan yang digagas Pimpinan Pusat GP Ansor. Ada empat zona yaitu Sabang (Aceh), Nunukan (Kalimantan Utara), Miangas (Sulawesi Utara), Marauke (Papua).

"Saat di Kabupaten Tangerang, kita menggelar beberapa kegiatan, diantaranya dialog kebangsaan di dua tempat berbeda," ujarnya.

Masih kata Muhidin, selanjutnya besok kirab akan melanjutkan perjalanan ke Kota Tangerang. Sementara Empat zona itu akan bertemu di titik temu akhir di Kota Yogyakarta pada 26 Oktober 2018.

"Di titik temu akhir itu sekaligus dilaksanakan apel akbar 100 ribu Banser yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo," tandasnya.(RMI/HRU)