TangerangNews.com

Di Tangerang, Jokowi Singgung Soal Selokan Mampet & Pencemaran Lingkungan

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 4 November 2018 | 16:00 | Dibaca : 1856


Presiden Joko Widodo usai senam bareng masyarakat Tangerang di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Minggu (4/10/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan pengendalian banjir karena dalam waktu dekat ini akan memasuki musim penghujan.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam peresmian kegiatan Summit, Seminar Kabupaten/Kota Sehat dan Expo 2018 di ruang Al-Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, Minggu (4/11/2018).

"Ada yang dikerjakan baik infrastruktur menuju sebuah lingkungan yang sehat, sanitasi, dan selokan yang rapih dan sehat," ujarnya.

Menurutnya, musim penghujan sudah mulai November 2018 ini dan puncaknya diperkirakan pada Januari-Februari 2019 mendatang. Pemerintah pun, kata orang nomor satu di Indonesia itu, mewaspadai adanya genangan di kawasan permukiman penduduk sejak dini.

Jokowi menuturkan drainase di tiap-tiap kota mengalami masalah. Namun ia tidak menyebut secara rinci kota yang dimaksud tersebut. Selain itu, ia juga menyebut bahwa perusahaan industri masih membandel dengan membuang limbah secara sembarangan.

#GOOGLE_ADS#

"Di kota-kota banyak sekali selokan mampet, industri tidak ramah lingkungan membuang limbahnya langsung ke sungai," tambahnya.

Jokowi juga menyinggung dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk kesehatan mencapai triliunan rupiah.

"Untuk jantung Rp 9,5 triliun uang kita harus keluar, katarak Rp 2,6 triliun dan angka angka yang lainnya," katanya.

Menurut Jokowi, hal itu menandakan bahwa pemerintah begitu peduli dengan kesehatan masyarakat. Ia juga mendorong masyarakat untuk komitmen menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

"Oleh sebab itu gerakan hidup sehat didorong terus," tandasnya.(MRI/RGI)