TangerangNews.com

Melihat Tradisi Unik Warga Tangerang di Sungai Cisadane Rayakan Maulid Nabi

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 20 November 2018 | 17:00 | Dibaca : 6229


Warga RW 02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang menggelar tradisi unik Tasyakuran Biniā€™mah Maulid Nabi Muhammad SAW di pinggir sungai Cisadane, Selasa (20/11/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi Muhammad yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah, dirayakan berbagai cara oleh umat Islam di Indonesia.

Seperti di Kota Tangerang. Warga RW 02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang menggelar tradisi unik Tasyakuran Bini’mah Maulid Nabi Muhammad SAW di pinggir sungai Cisadane, Selasa (20/11/2018).

“Ini tradisi warga RW 02 yang digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal,” ujar Abu Sopyan, Lurah Babakan kepada TangerangNews.com.

Dalam acara itu, warga tampak duduk di anak tangga sungai mengitari berbagai jenis buah-buahan seperti salak, jeruk hingga kue tradisional dan kembang. Warga pun tampak khidmat berdoa.

“Kita bacakan surah Al-Fatihah untuk orang tua kita yang telah wafat atau yang masih hidup serta kepada para sesepuh yang telah berkorban dan memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesejahtetaan kampung kita,” tutur Abu.

#GOOGLE_ADS#

Abu mengatakan, tradisi yang digelar di bantaran sungai tersebut memberikan makna tersendiri. Menurutnya, tasyakuran juga digelar bertujuan untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Maknanya bahwa air sebagai sumber kehidupan memberikan rahmat bagi semua makhluk sesuai dengan ajaran Nabi bahwa Nabi Muhammad diutus ke dunia sebagai manusia luar biasa yang memberikan rahmat bagi semua Alam,” katanya.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad oleh warga RW 02 itu merupakan tradisi turun temurun dan telah menjadi adat istiadat yang diwariskan leluhur daerah setempat yang hingga kini masih dipertahankan.

“Tradisi leluhur ini masih terus dipertahankan oleh warga,” tukas Abu.(MRI/RGI)