TangerangNews.com

Soal Lurah Non PNS, Pemkot Tangsel Janjikan Segera Rampung

Yudi Adiyatna | Kamis, 22 November 2018 | 17:00 | Dibaca : 1084


Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyebutkan jika 20 Lurah di Tangerang Selatan yang saat ini masih berstatus non PNS akan segera didefinitifkan usai puncak peringatan HUT Tangsel ke-10, Senin (26/11/2018) mendatang.

"Iya (abis HUT). Kemungkinan definitif," ujar Benyamin saat ditemui Tangerangnews.com di Kantor Wali Kota Tangsel, Serua, Ciputat, Kamis (22/11/2018).

Benyamin menyebut, 20 Lurah berstatus non PNS tersebut nantinya akan secara bertahap ditetapkan, sementara Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) Tangsel yang diketuai oleh Sekda Tangsel juga mencari figur-figur yang dianggap memenuhi kriteria baik secara golongan jabatan maupun kepemimpinannya.

"Sebagian (dulu). Mungkin ada beberapa yang kita Plt-kan kepada PNS di Kecamatan. Karena belum ketemu figurnya," terang Benyamin.

Benyamin menjelaskan, kriteria figur Lurah yang dicari tak semata-mata memimpin unit kerja pemerintah ditingkat kelurahan, namun juga merupakan figur yang mampu memimpin masyarakat dan dijadikan tauladan.

#GOOGLE_ADS#

"Jadi kriterianya itu bukan hanya sekedar pangkatnya cukup, golongannya cukup, atau pendidikannya cukup. Tetapi juga yang paling krusial dia diterima oleh masyarakat, karena dia akan memimpin masyarakat," jelas Benyamin.

Wakil Wali Kota Tangsel dua periode ini pun beralasan, ketiadaan beberapa Lurah berstatus PNS dikarenakan adanya keterbatasan PNS yang memiliki pangkat golongan 3 dan eselon 4A . Sehingga menyebabkan hingga saat ini Kelurahan di Tangsel tidak didesain untuk mengelola anggaran tersendiri dan harus menginduk dengan pengelolaan anggaran ditiap-tiap Kecamatan.

"Di tahun anggaran mendatang (2019), Kelurahan akan menerima Dana Kelurahan, maka harus PNS (Lurahnya), mau tidak mau. Dan itu secepatnya," pungkasnya.(MRI/RGI)