TangerangNews.com

Portal Online UMKM Jual Oleh-oleh Khas Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 11 Desember 2018 | 12:00 | Dibaca : 4700


Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Sarmili memperlihatkan brosur Portal UMKM yang dalam waktu dekat ini akan diluncurkan. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang gencar menerapkan pelayanan digital city. Saat ini, Portal UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) akan segera diluncurkan pada Januari 2019 mendatang.

Melalui portal dengan website https://umkm.tangerangkota.go.id ini, para pelaku UMKM pun bisa memasarkan produknya sehingga masyarakat bisa berbelanja khususnya oleh-oleh khas Kota Tangerang, hanya lewat genggaman ponsel.

Untuk meluncurkan portal e-commerce UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Tangerang.

Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Sarmili mengatakan, portal UMKM sebagai wadah aplikasi layanan publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan potensi ekonomi kreatif melalui UMKM.

"Portalnya akan dilaunching pada Januari 2019 nanti. Kami targetkan 300 peserta UMKM. Sebelumnya dalam sepekan dibuka pendaftaran, sudah ada 30 peserta yang mendaftar," ujarnya saat ditemui di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang, Selasa (11/12/2018).

Selain itu, penerapan portal ini juga sebagai upaya yang dapat menjadikan bisnis lebih aktif dan berkembang, usaha yang diakui oleh pemerintah, meluaskan pemasaran, hingga terpercaya.

Oleh karena itu, Sarmili juga mengajak kepada para pelaku UMKM untuk segera mendaftar ke portal dan sehingga dapat memasarkan produknya kepada calon pembeli lewat online 24 jam.

#GOOGLE_ADS#

"Diharapkan ketika diluncurkan para pelaku UMKM bisa memanfaatkan portal ini sebagai wadah dalam mendorong peningkatan ekonomi," imbuhnya.

Kabid Pengembangan Aplikasi Layanan Publik Diskominfo Kota Tangerang Euis Nurlaila menambahkan, portal ini dirancang sangat mudah bagi transaksi penjualan menuju e-commerce. "Sudah siap aplikasinya. Sudah tinggal dimanfaatkan," katanya.

Menurutnya, portal yang juga memfasilitasi Ijin Usaha Mikro Kecil Menengah (IUMK) ini diharapkan menjadi portal terpadu yang akan dikembangkan menjadi e-commerce UMKM Kota Tangerang yang berkelanjutan.

Berkelanjutan tersebut meliputi produk UMKM bahan mentah dan bahan jadi yaitu produk pangan, sandang hingga papan. "Kedepan saya akan pantau perkembangannya," tukasnya.(RAZ/RGI)