TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Wacanakan Subsidi Angkot

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 3 Januari 2019 | 16:00 | Dibaca : 3290


Angkutan kota mengetem atau menunggu penumpang di jembatan Robinson, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang akan mensubsidi angkutan kota (angkot) yang beroperasi di Kota Tangerang dalam waktu dekat ini. Rencana tersebut masih dalam tahap pengkajian.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, rencana tersebut untuk mengembangkan transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) koridor 1 dan 2 demi mengurangi kemacetan.

Untuk angkot yang rutenya bersinggungan langsung, Pemkot Tangerang menawarkan untuk menjadi sarana transportasi pengumpan untuk bus Trans Tangerang Ayo (Tayo). 

"Angkutan umum tuh yang BRT kan kita pengen terintegrasi dengan angkot ini lagi tunggu finalisasi kajian dari BPKAD dan Kejaksaan. Kalau itu bisa dijalankan mungkin karena angkotnya sudah disubsidi pemerintah, nanti naik angkot gratis," jelas Arief, Kamis (3/1/2019).

Selain bersinggungan dengan bus Tayo, kata Arief, angkot meski bersaing dengan ojek online (daring). Sehingga tak heran jika angkot terlalu banyak mengetem. Oleh karena itu, Pemkot Tangerang akan berdayakan angkot dengan mensubsidinya.

#GOOGLE_ADS#

"Kasihan sekarang kan teman-teman angkot bersaing dengan (transportasi) online untuk berkompetisi. Coba saja jam 9 - 10 pada ngetem semua di Cikokol dan Masjid Agung. Nah kita ingin berdayakan nanti bayarnya perkilometer, setiap pembangunan ada pengorbanan," ucap Arief.

Selain mengembangkan bus Tayo dan mengurangi beban angkot serta mengurai kemacetan, subsidi angkot pula bertujuan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Tangerang.

"Banyak hal yang kita sedang coba evaluasi ini teman-teman pemerintah ingin terus memberikan pelayanan, kalau bisa digratiskan, kita gratiskan," paparnya.(MRI/RGI)