TangerangNews.com

Putra Wali Kota Unggul Sementara di Cilegon

| Minggu, 9 Mei 2010 | 21:40 | Dibaca : 74729


Kantor KPU Kota Tangerang. (tangerangnews / deddy)


 
TANGERANGNEWS- Pasangan putra Wali Kota Cilegon periode 2005-2010 Tubagus Aat Syafaat, yakni Tubagus Iman Ariyadi dan wakilnya Edi Ariyadi unggul sementara atas empat pesaing lainnya dalam pemilihan kepala daerah Kota Cilegon yang digelar Minggu (9/5).
 
Berdasarkan tabulasi suara Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Cilegon hingga pukul 19.00 WIB, pasangan Iman-Edi unggul sementara dengan perolehan 40.889 suara atau 46.08 persen, disusul pasangan Ali Mujahidin-Syihabudin Sibli dengan 33.501 suara atau 37.76 persen, lalu Achyadi Yusuf-Irvin Andalusianto dengan 3.193 suara atau 3,60 persen, Helldy Agustian-Djuher Arif dengan 6.782 suara atau 7,64 persen, serta Humaedi Husain-Faridatul Fauziah dengan 4.365 suara atau 4,92 persen.
 
Menurut Ketua KPU Kota Cilegon Syaeful Bahri, hasil sementara perolehan suara yang diperoleh oleh KPU nantinya akan direkap untuk kemudian diplenokan bersama seluruh jajaran KPU, serta seluruh pasangan calon.
 
"Hasilnya, tanggal 13 Mei mendatang akan kami rekap, sekaligus menetapkan hasil akhir perolehan suara," tutur Syaeful.
 
Terkait tingkat partispasi masyarakat, lanjutnya, Pilkada Kota Cilegon kali ini mencapai angka 80 persen atau 10 persen lebih tinggi dibanding Pemilihan Presiden tahun 2009.
"Kalau Pilpres (pemilihan presiden) kemarin 70 persen, maka untuk Pilkada Kota Cilegon tingkat partisipasi masyarakat justru mencapai 80 persen," ujarnya.
Hasil monitoringnya menyebutkan, kebanyakan dari mereka yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi di Cilegon ini adalah mereka yang tinggal di kawasan perumahan perkotaan.
 
"Mereka yang tinggal di perumahan cenderung tidak peduli atau lebih memilih berlibur dengan keluarganya,” tukasnya.
 
Sementara itu, Iman mengatakan bahwa pihaknya sangat opitimis akan memenangkan pemilihan kepala daerah Kota Cilegon dalam satu putaran.
“Kami didukung oleh koalisi besar. Karena itu, sejak awal saya yakin bakal menang dalam satu putaran,” tandasnya.(tm/si)