TangerangNews.com

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Sosialisasi Pemilu di Tanjung Burung

Rachman Deniansyah | Minggu, 10 Februari 2019 | 15:03 | Dibaca : 1599


Sosialisasi Pemilu 2019 kepada komunitas Remaja Tabur Mangrove (RTM) di Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/2/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Pemilu 2019 kepada komunitas Remaja Tabur Mangrove (RTM) di Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/2/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten yang bekerjasama organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta.

Komisoner KPU Kabupaten Tangerang Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Imron Mahrus.

Komisoner KPU Kabupaten Tangerang Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Imron Mahrus menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan  meningkatkan partisipasi dan pendidikan bagi pemilih pada Pemilu 2019, khususnya di Desa Tanjung Burung ini.  

"Kenapa kita pilih lokasi ini juga karena sebagai usaha kami untuk meningkatkan partisipasi dan pendidikan bagi pemilih dalam pemilu 2019, terutama di komunitas Tabur Mangrove agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan," jelas Imron. 

#GOOGLE_ADS#

Menurutnya, sosialisasi ini penting sebagai bentuk pencegahan atas kerawanan dalam pelaksanaan pemilu tahun ini.

"Kemungkinan antara ada yang melakukan politik uang dan mencoblos lebih dari satu kali. Namun tidak hanya disini, rencananya sosialisasi ini juga  dilakukan di beberapa kecamatan," ungkapnya. 

Masih kata Imron, ada beberapa tantangan pihaknya dalam memberikan pemahaman terkait pemilu, salah satunya soal pemilih yang berusia lebih dari 70 tahun.  

"Mereka tidak memahami cara mencoblosnya, boleh atau tidak kemudian nanti didampingi orang lain mencoblos ke TPS.  Ya rata-rata mereka yang sudah sepuh, susah kita kasih pemahaman. Ya itu tantangan buat kami," bebernya. 

Senada, Ketua Komisariat PMII Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fikra Aldi Maulana mengatakan kegiatan tersebut dihelat karena sosialisasi terkait pemilu penting bagi warga setempat.

"Sebelum ini kami mengadakan pertemuan dengan warga, hasilnya diketahui bahwa sosialisasi pemilu ini menjadi salah satu kebutuhan bagi warga setempat," kata Fikra.(RMI/HRU)