TangerangNews.com

Desa Diguyur Rp50 Juta, Wagub: Untuk Bangun Perpustakaan Desa

Maya Sahurina | Selasa, 12 Februari 2019 | 16:00 | Dibaca : 828


Kegiatan Sosialisasi Bantuan Keuangan Pemerintah Desa se-Kabupaten Tangerang yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, Selasa (12/2/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelontorkan bantuan dana kepada 246 desa di Kabupaten Tangerang untuk tahun anggaran 2019.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan Sosialisasi Bantuan Keuangan Pemerintah Desa se-Kabupaten Tangerang yang dihelat di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, Selasa (12/2/2019).

Wakil Gubernur (Gagub) Banten Andika Hazrumy dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menekankan, dana bantuan yang diterima desa itu diprioritaskan untuk membangun perpustakaan desa.

"Bantuan dana ini prioritaskan untuk membuat perpustakaan desa. Agar masyarakat mudah mendapatkan pengetahuan. Selebihnya gunakan untuk operasional desa," ungkapnya.

Besarnya anggaran itu, lanjutnya, tiap desa mendapatkan Rp50 juta untuk seluruh desa di Provinsi Banten. Sementara, di Kabupaten Tangerang terdapat 246 desa.

Kembali, Andika menekankan, ketersediaan perpustakaan desa atau pojok baca di setiap balai desa sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat.

"Sangat penting di balai desa tersedia fasilitas dan bahan bacaan bagi masyarakat," tegasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau aparatur desa untuk memotivasi masyarakat agar gemar membaca.

#GOOGLE_ADS#

"Perpustakaan desa itu bagian dari pelayanan dasar bidang pendidikan. Perangkat desa juga harus bisa memotivasi masyarakat untuk mencintai membaca," imbaunya.

Jika program ini berhasil, Andika mengatakan akan meningkatkan besaran bantuan pada tahun selanjutnya.

"Kalau di tahun 2019 berhasil, bisa melaksanakan sebaik-baiknya, kita prioritaskan untuk ditingkatkan." tutupnya(MRI/RGI)