TangerangNews.com

Mahasiswa KKN UMT Beri Layanan Kesehatan Warga Cipete

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 19 Februari 2019 | 16:29 | Dibaca : 1414


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program pemeriksaan kesehatan kepada puluhan warga di RW 4 dan 5 Kelurahan Cipete, Pinang, Kota Tangerang, Selasa (19/2/2019). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program pemeriksaan kesehatan kepada puluhan warga di RW 4 dan 5 Kelurahan Cipete, Pinang, Kota Tangerang, Selasa (19/2/2019).

Warga pun tampak antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh para mahasiswa. Tercatat sebanyak 60 warga yang notabene merupakan lanjut usia (lansia) mendaftar untuk dicek kesehatan gula darah dan gejala mata katarak.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program pemeriksaan kesehatan kepada puluhan warga di RW 4 dan 5 Kelurahan Cipete, Pinang, Kota Tangerang, Selasa (19/2/2019).

Dewan Pembina Lapangan KKN Terpadu UMT Kelurahan Cipete Mirza Shahreza mengatakan, cek kesehatan gratis itu bekerjasama dengan RS Annisa. Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan.

Menurutnya, penyuluhan dilakukan demi mengetahui masalah kesehatan yang dialami warga, sehingga apabila terindikasi bisa dicegah atau pun dirujuk ke rumah sakit.

“Dalam hal ini akan bermanfaat demi mencegah terjadinya komplikasi penyakit agar memperpanjang usia produktif dan meningkatkan kualitas hidup," katanya kepada TangerangNews.

#GOOGLE_ADS#

Ketua Pelaksana Program Kesehatan KKN Deny Aditia Wardana menjelaskan, hasil dari pemeriksaan kesehatan ini sangat beragam. Untuk pengecekan gula darah warga yang diperiksa, rata-rata hasilnya normal.

Selain itu, dari pemeriksaan tensi darah juga hasilnya rata-rata normal. Kendati begitu, terdapat lima warga yang mengalami gejala katarak.

"Alhamdulilah kesehatan warga rata-rata normal. Tapi karena lansia, ada juga yang bergejala penyakit katarak," ucapnya.

Deni menuturkan, selain penyuluhan kesehatan, para mahasiswa juga melakukan pembinaan kepada warga terkait program BPJS.

Ia melanjutkan, kegiatan ini bermaksud agar warga dapat mempedulikan kondisi kesehatannya sekaligus sumbangsih mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat.

"Kami sebagai mahasiswa ingin warga peduli dengan kesehatan," tukasnya.(RMI/HRU)