TangerangNews.com

Gelar Musrenbang, Kecamatan Serpong Usulkan Puskesmas

Rachman Deniansyah | Kamis, 21 Februari 2019 | 22:30 | Dibaca : 1541


Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Serpong, Tangsel, Kamis (21/2/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Kecamatan Serpong mengusulkan agar segera dibangun fasilitas kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kecamatan tersebut. Pasalnya, gedung  yang tersedia saat ini berdiri diatas lahan milik pihak lain.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung kecamatan setempat, Kamis (21/2/2019).

Puskemas adalah satu dari 386 usulan dalam Musrenbang yang langsung dihadiri Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani.

Airin mengatakan Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis sebagai wahana untuk berdiskusi, berembug atau melakukan tukar pikiran dan pendapat serta bersepakat antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat. Juga menjadi momentum penting dalam mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah. 

"Artinya pendekatan pembangunan yang dilakukan di Kota Tangerang Selatan saat ini tidak hanya sekedar mengedepankan aspek top down planning, melainkan mengakomodir pula pendapat, saran, masukan, dan pemikiran-pemikiran positif dari bawah atau lebih dikenal dengan bottom up planning," ungkapnya.

#GOOGLE_ADS#

Dengan Musrenbang ini, Airin berharap seluruh kebutuhan pembangunan yang diusulkan secara bottom up (dari bawah ke atas), dapat dibahas dan dipertajam, kemudian disepakati menjadi program prioritas pembangunan Kota Tangerang Selatan pada tahun 2020 mendatang. Termasuk usulan terkait Puskemas tersebut.

Sementara, Camat Serpong, Mursinah menjelaskan bahwa dalam Musrenbang tersebut, terdapat 386 total usulan.

"Total keseluruhan 386 usulan. Ini terbagi dalam 50 persen infrastruktur, 20 persen  pendidikan, 15 persen pemberdayaan dan 15 persen kesehatan," kata Mursinah. 

"Kita juga mengusulkan dibangunnya Puskesmas Serpong, karena Puskesmas Serpong yang ada saat ini lahannya masih milik Universitas Indonesia (UI). Jadi kita harus pindahkan Puskesmas," tambahnya.

Untuk pembangunan gedung Puskesmas itu, terangnya, aaat ini pihaknya baru mengusulkan untuk pembebasan lahan. 

"Direncanakan dicari di wilayah Cilenggang. Pengadaan lahan ini untuk usulan 2020," tukasnya.(RMI/HRU)