TangerangNews.com

Band SMA 4 Tangsel Juara di Pucuk Cool Bandung

Mohamad Romli | Minggu, 10 Maret 2019 | 09:00 | Dibaca : 1022


Clairvoyant grup band asal SMAN 4 Tangsel berhasil menjadi juara 2 di acara event, Pucuk Cool Jam Festival 2019 yang digelar di Lapangan PPI Pussenif Bandung. (@TangerangNews / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Grup band asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuktikan kemampuannya diajang final festival berskala nasional, Pucuk Cool Jam Festival 2019 di Lapangan PPI Pussenif Bandung, Sabtu (9/3/2019) malam.

Pagelaran yang juga digelar bertepatan dengan Hari Musik Nasional itu, Clairvoyant grup band asal SMAN 4 Tangsel, mampu memikat hati M Adri Prakarsa, drummer band Nidji & Nev yang menjadi juri untuk kategori band di festival yang bertajuk 'COOLaboration Unlocked’ tersebut.

"Kami benar-benar tidak menyangka bisa meraih juara 2, sebab kami melihat peserta dari kota lain juga keren penampilannya," ungkap Mikael, personel yang berposisi sebagai gitaris Clairvoyant band kepada _TangerangNews_usai pengumuman pemenang di lokasi.

Keberhasilan band dengan formasi personel Bayu (bass), Mikael (gitar), Shanaya (ryhtm), Johanes (drum), Dandi (vocal) itu,  tidak terlepas dari solidnya mereka. 

Karena, sebagaimana tema festival musik tahunan yang diprakarsai produk minuman teh dalam kemasan, Teh Pucuk Harum itu, juri menilai kemampuan kolaborasi mereka.

"Tadi saat tampil kami mampu membuktikan kekompakan itu. Mungkin itu salah satu yang memikat juri," jelasnya.

Ditambahkan Dandi, sang vokalis, pengalaman tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa bagi dirinya dan teman-temannya.

Festival yang diikuti sekitar 300 peserta dari puluhan sekolah di wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Samarinda itu menjadi ajang pamer kemampuan bermusik.

"Momen ini menjadi sangat berharga buat kami untuk menguji kemampuan bermusik. Tentu juga mengharumkan nama sekolah dan Kota Tangsel," jelasnya. 

Keberhasilan mereka menjadi  bukti bahwa anak muda di Tangsel mampu berkiprah dan berprestasi ditingkat nasional. 

Dia berharap, jejak ini bisa diikuti oleh rekan-rekan sebanyanya, yaitu generasi yang melekat dengan sebutan milenial tersebut.

"Kita memiliki kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan berbagai talenta. Ruang untuk belajar dan menyalurkan talenta itu juga semakin besar. Kami ingin rekan sebaya kami di sekolah dan terutama di Tangsel juga membuktikan kemampuan mereka," harapnya.

Dengan keberhasilan itu, mereka pun berhak mendapatkan ganjaran uang tunai serta beasiswa untuk mengembangkan keterampilan bermusik dari Teh Pucuk Harum.

"Kami akan terus disiplin berlatih, sehingga kelak bisa menjadi musisi profesional," tukasnya.

Diketahui, dibabak final itu, juri memilih enam band untuk tampil diatas panggung setelah terpilih melalui tahapan audisi daring (online). 

Enam finalis itu Clairvoyant (SMAN 4 Tangsel), Jurasic (SMKN 10 Bandung), Sixty Six Project (SMKN 2 Kasihan Yogyakarta), Langit Senja  (SMA Dr. Soetomo Surabaya), Eufonia (SMKN 20 Samarinda), Sonar Music Ent. (SMK Telkom Makassar).

Posisi juara satu diraih Langit Senja, juara tiga Sixty Six Project. 

“Jujur penampilan dan musikalitas finalis Pucuk Cool Jam tahun ini sangat luar biasa. Jauh diluar ekspektasi, apalagi mengingat usia mereka yang masih belia. Tetapi ada yang berbeda dari salah satu band yang saya pilih sebagai pemenang.” ungkap Adri Prakarsa, juri festival tersebut saat jumpa pers usai kegiatan.

#GOOGLE_ADS#

Festival ini juga menghadirkan Naif, Juicy Lucy, DJ Dua Lampu Neon, dan Julian Jacob sebagai bintang tamu. 

Selain itu band, ajang ini juga mengejar bakat tari. Satu dari enam finalis untuk kategori tari pun berasal dari Tangsel, yakni Samerci, grup tari dari SMAN 4 Tangsel. 

Dengan jumlah personel 17 orang, mereka unjuk kemampuan Tari Saman. 

Meski belum berhasil meraih posisi juara. Mereka telah bersaing ketat dengan finalis dari SMAN 1 Margahayu Bandung, SMAN 2 Yogyakarta, SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya, SMKN 1 Samarinda dan SMAN 8 Makassar.

“Kami berharap festival ini bisa menjadi penutup manis dari rangkaian Pucuk Cool Jam 2019. Semoga ajang ini bisa konsisten memberikan inspirasi untuk seluruh anak muda Indonesia", tutup Yustina Amelia selaku Brand Manager Teh Pucuk Harum.(MRI/RGI)