TangerangNews.com

Gunakan Mobil Keliling, Bapenda Tangerang Jemput Bola PBB

Maya Sahurina | Kamis, 27 Juni 2019 | 19:05 | Dibaca : 1439


Salah warga yang telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Kamis (27/6/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)


TANGERANGNEWS.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang terus menggenjot pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pelayanan keliling pun digalakkan untuk memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya.

Pelayanan jemput bola menggunakan mobil keliling ini diakui Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja mampu mendongrak pendapatan. Karena, masyarakat semakin mudah membayar PBB.

"Kita terus menggali potensi daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan, selain pajak-pajak lainnya untuk mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD)," ungkap Soma, Kamis (27/6/2019).

BACA JUGA:

Selain itu, lanjutnya, pelayanan keliling yang bekerjasama dengan Bank BJB itu, sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap ketaatan dalam membayar pajak. Selama tiga bulan ke depan, mobil operasional pelayanan akan terus berkeliling ke desa dan kelurahan di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Selain menjemput bola, kita sudah memiliki inovasi pembayaran PBB,  bisa melalui kantor-kantor Cabang Bank BJB di seluruh Indonesia, Gerai Alfamart dan Indomaret, ATM dan Kantor Pos di seluruh Indonesia," jelas Soma.

#GOOGLE_ADS#

Ditambahkan Kepala Bidang PBB dan BPHTB, Dwi Chandra Budiman, BPHTB, PBB dan pajak restoran masih menjadi tiga sektor yang berkontribusi besar pada PAD Kabupaten Tangerang. Karenanya berbagai inovasi dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan.

Dwi mewacanakan, pihaknya akan menyediakan cara pembayaran yang semakin memudahkan masyarakat, misalnya pembayaran PBB melalui e-commerce seperti Bukalapak. 

"Ini terobosan baru dari kami, sehingga memudahkan masyarakatnya dalam membayar pajak mengikuti tren induatri 4.0." ujar Dwi yang mampu menembus target PBB tahun 2018 sebesar 122,77 persen.(MRI/RGI)