TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Perketat Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 22 Juli 2019 | 15:25 | Dibaca : 807


Lapak hewan kurban, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (22/7/2019). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan memperketat pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Idul Adha 2019.

Pemeriksaan fisik hewan yang meliputi kambing dan sapi ini dilakukan di tiap-tiap lapak penjual hewan kurban di wilayah Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat hari raya Idul Adha.

"Hari ini sampai selanjutnya saat hari H pemotongan kurban, kita lakukan pemeriksaan pada sisi kesehatannya," ujarnya di lapak hewan kurban, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (22/7/2019).

BACA JUGA:

Menurut Abduh, bagian hewan kurban yang diperiksa adalah gigi, kulit, ketebalan daging dan kaki, terutama pada sapi.

Bila ditemukan hewan kurban yang sehat maka akan diberikan tanda. Namun bagi hewan yang tidak sehat,  akan diberikan vitamin.

"Kita tidak mungkin memberikan mereka antibiotik karena hanya dalam tempo dua minggu lagi mereka mau dipotong dan tidak bagus untuk kesehatan manusia," kata Abduh.

#GOOGLE_ADS#

Dari pemeriksaan yang dilakukan hari ini, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang belum menemukan hewan kurban yang tidak layak untuk diperjualbelikan.

"Sampai saat ini belum ada, tapi untuk sapi yang memang hasil peternakan dan dari sananya dilepas liar itu pengawasannya jauh lebih efektif," pungkas Abduh.(RAZ/RGI)