TangerangNews.com

Inilah Keseruan Lomba Perahu Naga di Festival Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 27 Juli 2019 | 15:55 | Dibaca : 3192


Lomba dragon boat (perahu naga) di Festival Cisadane 2019. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota Tangerang menggelar Festival Cisadane sejak 26 Juli hingga 3 Agustus 2019. Kegiatan ini dimeriahkan lomba dragon boat (perahu naga).

Penyelenggaraan lomba perahu naga berlangsung pada 27-28 Juli 2019 di Sungai Cisadane, Jalan Benteng Makassar, Kota Tangerang.

Lomba perahu naga ini, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Engkos Zarkasyi, diikuti 12 tim peserta.

Lomba dragon boat (perahu naga) di Festival Cisadane 2019.

Menurutnya, para peserta berasal dari lokal, regional dan mancanegara. Seperti Tangerang, Banten—sebagai tuan rumah—. Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Purwakarta, Jakarta juga turut serta dalam lomba ini.

Bahkan, Australia pun mengirimkan dua timnya untuk turut berlaga di kegiatan tahunan yang masuk dalam 100 agenda Kementerian Pariwisata itu.

"Lomba dayung ini setiap tahun hadir. Lomba tahun ini sudah bagus, tetapi ke depan harus lebih bagus lagi, baik dari kepesertaan maupun atletnya," ujarnya kepada TangerangNews, Sabtu (27/9/2019).

#GOOGLE_ADS#

Baca Juga :

Para peserta tampak bersemangat mengikuti perlombaan ini. Ketika wasit meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai, para peserta berjuang demi bisa membawa pulang piala maupun hadiah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Ketua Bidang Prestasi PB PODSI Kota Tangerang Achmad Faisal menambahkan, ada dua kategori yang dilombakan dalam perahu naga ini.

Ia menjelaskan kategori perlombaan, antara lain tim peserta khusus putra, khusus putri, dan peserta campuran mix. Sementara jarak perlombaan dayung terbagi dua, yaitu jarak tempuh 500 dan 300 meter.

"Hari ini, perlombaan untuk kategori 500 meter sampai selesai final," katanya.

Ia mengatakan, tim Kalimantan Selatan sore ini akan bertanding di final melawan Purwakarta untuk jarak 500 meter.

"Besok dilanjut untuk pertandingan jarak 300 meter," tuturnya.

Berdasarkan informasi, juara I akan menerima uang tunai senilai Rp26 juta, juara II senilai Rp15 juta dan juara III senilai Rp10 juta. Sedangkan untuk kategori 500 meter, juara I senilai Rp30 juta, juara II senilai Rp20 juta dan juara III senilai Rp15 juta.(RMI/HRU)