TangerangNews.com

Situ Rawa Arum Cilegon Bakal Direvitalisasi, Telan Dana Rp900 Juta

Muhamad Ikbal | Jumat, 6 September 2019 | 14:17 | Dibaca : 198


Situ Rawa Arum di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)


 

TANGERANGNEWS.com- Situ Rawa Arum di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon bakal direvitalisasi. Revitalisasi sekaligus normalisasi menelan dana Rp900 juta.

Situ Rawa Arum sudah bertahun-tahun tak diperhatikan pemerintah, padahal tempat itu bisa dijadikan objek wisata jika dirawat dan dikelola dengan baik. Selama ini, situ Rawa Arum dikelola oleh warga sekitar dan LSM Gappura.

Situ Rawa Arum di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

"Rawa Arum rencananya jadi skala prioritas pengembangan objek wisata yang ada di Kota Cilegon sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah)," kata Ketua Umum LSM Gappura, Husen Saidan kepada wartawan, Jumat (6/9/2019).

Normalisasi dan revitalisasi akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUTR) Kota Cilegon. Normalisasi dilakukan untuk perawatan situ Rawa Arum. Hal itu mengingat situ tersebut milik pemerintah dan sebagai tempat serapan air di Cilegon.

#GOOGLE_ADS#

Baca Juga :

"Harus ada normalisasi situ Rawa Arum, ini konstruksinya saja kita misalnya pemagaran dan pengambilan gulma karena banyak sekali. Makanya kita normalisasi supaya kelihatan dikembalikan supaya nanti kelihatan kedalamannya supaya tidak terlalu dangkal. Dan penyerapan airnya juga... kan di situ tempat penyerapan air," kata Plt Kepala Dinas PUTR, Ridwan.

Jika nanti setelah normalisasi dan revitalisasi selesai. Lokasi tersebut akan dijadikan objek wisata, Ridwan menyerahkan sepenuhnya pada dinas terkait. Dengan begitu, Rawa Arum dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisatawa alternatif di Kota Cilegon.

"Mungkin nanti ada masukan masyarakat mungkin lahan parkir dan gerbang nanti mungkin dikembangkan untuk wisata dan sebagainya itu ranahnya Dinas Pariwisata," ujarnya.(RMI/HRU)