TangerangNews.com

Menteri PPPA Sebut Masih Banyak Diskriminasi Perempuan di Tempat Kerja

Mohamad Romli | Selasa, 10 Desember 2019 | 18:43 | Dibaca : 437


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati menyinggung masih banyak perlakuan diskrimimatif terhadap perempuan di tempat kerja. Pekerja perempuan juga masih dirundung masalah kekerasan dan perlakuan tidak adil.

"Permasalaham yang dihadapi tenaga kerja perempuan di dalam negeri pada umumnya masih banyak, seperti dieksploitasi oleh pengusaha, diperlakukan secara tidak adil," katanya saat meresmikan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan di kawasan industri Krakatau Steel, Cilegon, Selasa (10/12/2019).

Bintang mengatakan, pihaknya banyak menjumpai pengusaha yang mengeksploitasi pekerja perempuan. Selain itu, hak-hak perempuan juga belum seluruhnya dipenuhi sebagai pekerja sesuai dengan kodratnya.

BACA JUGA:

"Hal ini terbukti dari banyaknya pengusaha yang kurang memenuhi hak-hak tenaga kerja perempuan serta hak-hak perlindungan pekerja perempuan yang berkaitan dengan kodratnya seperti fungsi reproduksi yaitu hamil, melahirkan, dan menyusui," tuturnya.

#GOOGLE_ADS#

Di dunia ketenaga kerjaan di Indonesia, kekerasan seksual, jam kerja tidak menentu dan pemberian upah rendah juga masih belum terselesaikan. Ia menyebut kasus-kasus seperti itu makin memperparah kesenjangan ekonomi dan tingkat partisipasi perempuan dan dunia kerja.

"Kondisi inilah yang menghambat peningkatan peran dan partisipasi perempuan dalam ekonomi dan ketenagakerjaan sehingga kesenjangan gender dalam ekonomi dan ketenagakerjaan sampai saat ini masih cukup besar," paparnya.(MRI/RGI)