TangerangNews.com

Kabupaten Tangerang Akan Bentuk Desa Tanggap Bencana

Maya Sahurina | Kamis, 9 Januari 2020 | 15:31 | Dibaca : 334


Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan rapat untuk mengantisipasi dan persiapan benjana banjir. (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)


 

TANGERANGNEWS.com-Bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Tangerang, membuat pemerintah daerah setempat semakin waspada.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Iskandar hujan masih terus mengguyur Kabupaten Tangerang dalam beberapa pekan ini, sehingga pihaknya tetap melakukan perbaikan dan antisipasi. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

"Yang pertama sekarang adalah, jangka pendeknya menangani dan juga persiapan menghadapi musim penghujan yang cukup panjang ini. Berbagai macam elemen, kita coba duduk bersama untuk memetakan dan bagi tugas," ujarnya, Kamis (9/1/2020).

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengatakan, pihaknya dalam waktu jangka pendeka akan melakukan upaya dalam menghadapi banjir dengan pembentukan pemberdayaan masyarakat.

#GOOGLE_ADS#

"Ini menjadikan target seluruh desa dan kelurahan. Kita juga sudah coba berkunjung ke Bali untuk belajar contoh penanggulangan bencana," ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Bambang Sapto.

Hal itu, kata Bambang, agar pemerintah desa bisa ikut andil dalam menangani bencana-bencana seperti ini. "Jadi minimal desa atau lurah bisa jadi care, dengan hal-hal antisipasi bencana tersebut," ucapnya.

Ia juga mengusulkan agar desa-desa di Kabupaten Tangerang menjadi desa tanggap bencana. "Kita sudah mulai dari ketemu dengan Pemdes, untuk mencoba membuat semacam kaya formula apa yang perlu kita perhatikan, mulai dari tahun ini," pungkasnya.(RMI/HRU)