TangerangNews.com

PDAM TKR Bantah Pipanya Sebabkan Jalan Daan Mogot Ambles

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 13 Januari 2020 | 16:53 | Dibaca : 533


Kabid Humas Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Samsudin Sidik. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com–PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) membantah bila pipa miliknya menjadi pemicu amblesnya ruas Jalan Daan Mogot Km 22, Kota Tangerang.

Kabid Humas Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Samsudin Sidik mengatakan, pipa PDAM TKR yang berada di bawah jalan arteri tersebut bocor akibat longsor.

"Pipa kami yang patah. Bocor karena patah. Patah karena longsor, ambles," ujarnya kepada TangerangNews di kantor PDAM TKR, Senin (13/1/2020).

Ia juga menyebut pipa miliknya tersebut jenis ACP (aluminium composite panel) yang bahan bakunya terbuat dari asbes sehingga tak mungkin berkarat. 

"Lagian juga pipa kami pakai ACP. Mana mungkin karatan," ucapnya. 

#GOOGLE_ADS#

Selain itu, tidak ada keluhan dari pelanggan sebelum pipa milik BUMD Kabupan Tangerang ini Pakibat jalan ambles. 

"Air enggak ada keluhan. Ketika bocor baru ada keluhan. Artinya, dia (PUPR) tidak mendasar bila menyebut kami jadi pemicunya," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suko mengatakan, amblasnya Jalan Daan Mogot karena dipicu bocornya pipa PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

"Pipa PDAM TKR yang bocor di dalamnya menjadikan jalan amblas. Selain itu pipa tersebut karatan juga," jelasnya, Minggu (12/1/2020).

Ia menyebut, pipa milik PDAM berkarat saat dilakukan pembongkaran. Bocoran air pipa itu, kata Hari, diduga menyebabkan korosi pada pipa gorong-gorong yang membentang di bawah jalan Daan Mogot.(RAZ/HRU)