TangerangNews.com

Pemilihan Ketua Osis SMK di Cikupa Pakai e-Voting, Cuma 25 Detik

Maya Sahurina | Senin, 20 Januari 2020 | 14:20 | Dibaca : 984


Kegiatan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Bina An Ma'mur dengan cara e-voting (pemungutan suara secara online). (TangerangNews / Maya Sahurina)


 

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang mensosialisasikan tata cara e-voting (pemungutan suara secara online) Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Bina An Ma'mur, Desa Crewed, Kecamatan Cikupa, Senin (20/1/2020).

Dikatakan Kepala Divisi Teknis KPU Kabupaten Tangerang Ahmad Subagja, pemilihan ketua Osis tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. 

"Hari ini kita melaksanakan  pemilihan ketua Osis dengan e-voting. Ini pertama di Banten dan di Tangerang. Tujuannya untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih, melakukan edukasi terhadap pemilih khususnya pelajar karena mereka usia di bawah 17 tahun," ujarnya.

Kegiatan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMK Bina An Ma'mur dengan cara e-voting (pemungutan suara secara online).

Menurutnya, sistem e-voting akan memudahkan para pemilih dan menghemat waktu dalam pemilihan. 

"Soal kecepatan waktu, butuh waktu beberapa menit jika dilakukan secara manual. Namun sekarang, pemilih hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 detik, kita lebih efisien," katanya.

#GOOGLE_ADS#

Lanjut, Ahmad, hasil e-voting juga dapat langsung dilihat sehingga tidak biaa tepat waktu. "Setelah pemilihan diclose, rekap berita acaranya dapat langsung dilihat," imbuhnya. 

Ia berharap, agar kedepannya semua sekolah sudah menggunakan e-voting dalam melaksanakan pemilihan, baik ketua Osis, maupun kepala-kepala daerah. 

Kedepan bisa memberikan informasi dan juga kepercayaan terhadap mesin e-voting. 

"Para pelajar, pada 5 atau 10 tahun kedepan jadi pemilih aktif. Pemilih yang bisa memberikan informasi yang edukatif, hari ini kita upayakan," katanya.(RMI/HRU)