TangerangNews.com

Pilkada Tangsel, Pengamat Sebut Azizah Makin Populer

Mohamad Romli | Jumat, 31 Januari 2020 | 19:49 | Dibaca : 1452


Siti Nur Azizah, bakal calon Wali Kota Tangsel bersama ojek online beberapa waktu yang lalu. (@TangerangNews / Mohammad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Tiga nama menguat sebagai bakal calon wali kota Tangsel pada Pilkada yang akan digelar September ini. Ketiga nama tersebut yaitu Siti Nur Azizah, Benyamin Davnie dan Muhamad.

Pengamat Politik dari UIN Ciputat, Zaki Mubarak menilai, sebagai pendatang baru di panggung politik, Azizah berhasil membangun popularitasnya di Tangsel.

"Enggak banyak nama yang beredar. Baru putrinya Pak Ma'ruf Amin saja yang muncul (Azizah). Yang muda-muda, visioner dan berintegritas (memang) perlu dimunculkan," ungkap Zaki kepada TangerangNews, Jumat (31/1/2020).

Zaki juga menilai, keberhasilan Azizah tersebut karena terus menyosialisasikan visinya, yakni  Pemerataan Kemajuan untuk Kesejahteraan (Permata) Tangsel ke berbagai komunitas warga.

"Selama ini dibanding kandidat lain, Bu Azizah relatif berhasil membangun popularitasnya. Pak Muhammad juga cukup dikenal. Pak Benyamin ada problem karena dianggap bagian dari penguasa masa lalu, sementara masyarakat Tangsel menginginkan perubahan," tambahnya.

#GOOGLE_ADS#

Problem Benyamin, kata dia,  karena selama dua periode mendampingi Airin sebagai Wali Kota Tangsel. Sehingga sosok Benyamin, sulit dipisahkan dari Airin.

"Selama itu (dua periode) banyak sekandal yang melibatkan dinasti politik: korupsi di sejumlah dinas di Tangsel.  Karena posisinya sebagai wakil Bu Airin, maka ia sering dipersepsikan sebagai bagian dari beroperasinya dan kerjanya dinasti politik," kata Zaki.

"Tapi itu hanya persepsi publik. Pastinya Pak Ben juga tidak senang jika dianggap sebagai bagian politik dinasti," imbuhnya.

Melihat figur kandidat yang non kader partai, Zaki mengatakan, calon non parpol diperlukan pada umumnya karena elektabilitasnya lebih tinggi, juga lebih populer.

"Apalagi kondisi saat ini tingkat kepercayaan masyarakat pada parpol terus merosot. Bukan berarti kader parpol tidak ada yang bagus. Ada beberapa yang bagus juga," pungkasnya. (RMI/RAC)