TangerangNews.com

9 Warga Batan Indah Jalani Pemeriksaan

Rachman Deniansyah | Minggu, 16 Februari 2020 | 18:00 | Dibaca : 438


Setelah menghentikan clean up area terpapar radiasi nuklir, kini sembilan warga sekitar akan diperiksa kesehatannya. Namun, hewan ternak di lokasi hingga kini masih sehat, terkecuali tanaman ada beberapa yang terkontaminasi, Minggu (16/2/2020). (Rachman Deniansyah / TangerangNews)


 TANGERANGNEWS.com-Sembilan warga Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, akan menjalani pemeriksaan kesehatan, mulai Senin (17/2/2010) besok. Pemeriksaan itu dilakukan sebagai antisipasi  terdapat warga yang terkontaminasi pancaran radiasi dari limbah radioaktif yang ditemukan di perumahan tersebut, sejak Januari lalu. 

 

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan Heru Umbara, pemeriksaan bernama Whole body Counting (WBC) itu, akan dilakukan di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi yang berlokasi di wilayah Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. 

 #GOOGLE_ADS#

 

"Ya besok kita jemput sembilan orang yang dijadikan sampling itu. Lima orang hari Senin, empat orang hari Selasa," kata Heru di lokasi, Minggu (16/2/2020).

 

Heru menjelaskan, pemeriksaan itu akan mengetahui ada atau tidaknya warga yang terkontaminasi.  "Seperti CT Scan di rumah sakit. Nanti akan diperiksa dengan keadaan tiduran, selama 20-30 menit," tuturnya. 

 

Heru menambahkan, selain warga sekitar, Batan juga akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan dan tumbuhan sekitar.  Pantauan di lokasi, terdapat sejumlah hewan ternak masih berkeliaran di sekitar lokasi dan tidak ada yang mendadak terserah penyakit. 

 

Sementara, untuk tanaman yang tumbuh di sekitar lokasi sudah terkontaminasi.  "Tanaman terkontaminasi tinggal dibuang tapi dibatas level yang rendah sekali," jelasnya.