TangerangNews.com

Sudah Dua Pekan Sampah di Puri Kartika Ciledug Menumpuk

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 17 Februari 2020 | 14:49 | Dibaca : 3649


Sampah yang dibuang sembarangan menumpuk di sisi jalan Puri Kartika Baru, Ciledug, Kota Tangerang, Senin (17/2/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com–Sampah menumpuk di area Jalan Puri Kartika Baru, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang lantaran tak diangkut petugas selama dua pekan. 

"Sudah hampir dua minggu enggak diangkut. Mereka sekarang cuma ngangkut yang bayar retribusi aja," ujar Ulud, warga setempat saat ditemui di lokasi, Senin (17/2/2020). 

Sampah yang menumpuk ini membuat warga resah. Sebab, selain tak elok dipandang, sampah ini menimbulkan aroma tak sedap. 

Berdasarkan pantauan, tak ada tempat pembuangan sampah (TPS) di sekitar lokasi. Sampah-sampah itu menumpuk di sisi jalan.

Sampah yang dibuang sembarangan menumpuk di sisi jalan Puri Kartika Baru, Ciledug, Kota Tangerang, Senin (17/2/2020).

#GOOGLE_ADS#

Menurut Ulud, sampah-sampah rumahan itu berasal dari warga yang membuangnya secara sembarangan. 

"Ini kebanyakan bukan sampah dari warga sini. Tapi warga seberang yang melintas dan buang di sini," katanya. 

Kata dia, kondisi sampah menumpuk ini akibat tak diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup setempat dalam dua pekan terakhir. Terlebih, warga tak membayar retribusi. 

"Jadi, ini enggak diangkut sampahnya karena tidak membayar retribusi," tuturnya. 

Perlu ada perhatian khusus dari pemerintah ihwal penumpukan sampah ini. Warga ingin berpartisipasi menjaga lingkungannya dengan terbebas dari sampah yang dibuang sembarangan. 

Namun, warga menilai perlu ada rekomendasi atau mandat berupa surat tentang sanksi yang diberikan terhadap pembuang sampah sembarangan.

"Kami juga pemuda dan warga mau jaga yang buang sampah enggak berani kalau tidak ada mandat. Kalau dikeluarkan mandat tentang adanya sanksi pasti kami jaga khususnya malam hari," pungkasnya. (RAZ/RAC)