TangerangNews.com

Ada Terminal Baru, Airin Dorong Warga Tangsel Beralih ke Transportasi Massal

Rachman Deniansyah | Minggu, 8 Maret 2020 | 16:03 | Dibaca : 3261


Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat meninjau salah satu Bus yang akan beroperasi di Terminal Tipe C BSD, Minggu (8/3/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mendorong masyarakatnya untuk beralih  menggunakan transportasi massal yang tersedia.

Hal itu ia sampaikan usai meresmikan Terminal Tipe C BSD yang terletak di Jalan Cemara Raya, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (8/3/2020).

"Transportasi massal terus kita galakan dan terus kita kerjasamakan dengan pihak swasta lainnya," kata Airin, usai peresmian. 

Sebab menurutnya, hal itulah yang kini menjadi pekerjaan rumah (PR) baginya. Terlebih, saat Tangsel dikabarkan menjadi kota yang udaranya paling berpolusi. 

"Kemarin sempat ramai, viral polusi udara di Tangsel tertinggi dibandingkan dengan DKI. Semua pada protes, karena setiap yang tinggal di Tangsel merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Atas hal itu, Airin menilai, upaya mendorong masyarakat agar dapat beralih menggunakan transportasi massal sangatlah perlu. Hal itu akan dapat berdampak pada tingkat kebersihan udara di Tangsel. 

#GOOGLE_ADS#

Sebab salah satu penyumbang polusi udara adalah banyaknya kendaraan pribadi.

"PR saya sedang berusaha bagaimana proyek MRT, LRT masuk ke proyek strategis nasional (PSN). PR-nya adalah bagaimana transportasi massal bisa senyaman menggunakan kendaraan pribadi," tuturnya.

Airin menambahkan, saat ini yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dan keamanan fasilitas yang sudah dibangun, salah satunya terminal baru itu. Hal tersebut dapat terwujud jika ada kerjasama dan kolaborasi antar seluruh stakeholder. 

"Enggak ada PKL-nya, tidak kumuh dan tidak ada pungli," pungkas Airin. 

Diketahui, Terminal yang baru diresmikan itu merupakan Terminal tipe C pertama di Tangsel. Setidaknya, terminal itu akan melayani 10 trayek perjalanan angkutan umum. Mulai dari dalam kota, sampai ke luar kota. 

Untuk trayek dalam kota, diantaranya B16 melayani rute BSD-Muncul, B04 melayani rute BSD-Cikokol, B27 melayani rute BSD-Parung, B08 melayani BSD-Jombang dan B12 melayani rute BSD-Ciputat. 

Sementara, untuk trayek luar kota, diantaranya Bus Transjakarta melalui rute BSD-Jelambar, Bus BSD Link melayani rute Avani-Sektor 1,3, dan Bus BSD Link melayani rute Greenwich Park – Sektor 1,3, Bus PPD melayani BSD (Intermark)-Bandara Soekarno Hatta, dan Bus Royaltrans melayani BSD-Fatmawati. (RAZ/RAC)