TangerangNews.com

90 Persen Warga Kota Tangerang Diklaim Punya Jaminan Kesehatan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 11 Maret 2020 | 16:45 | Dibaca : 1020


Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Sari Nur Arofah saat diwawancarai wartawan, Rabu (11/3/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) mengeklaim hampir seluruh warga Kota Tangerang telah memiliki jaminan kesehatan yang akan menerima pelayanan kesehatan secara paripurna.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Sari Nur Arofah mengatakan dari 2 juta lebih penduduk, 90 persen warga Kota Tangerang telah memiliki jaminan kesehatan.

"Ya, sudah hampir seluruh warga punya jaminan kesehatan," ujarnya kepada TangerangNews, Rabu (11/3/2020).

Sari menjelaskan jaminan kesehatan melingkupi kepesertaan dan fasilitas sesuai dengan program Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta.

#GOOGLE_ADS#

Adapun untuk kepesertaan, dari 90 persen warga, 20 persen di antaranya merupakan peserta BPJS Kelas III yang iurannya disubsidi Pemkot Tangerang.

"Sementara 70 persen sisanya itu peserta jaminan kesehatan swasta, dan ditanggung perusahaan tempatnya bekerja," ungkapnya.

Sementara untuk fasilitas kesehatan, kata Sari, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah memiliki 37 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

"Puskesmas kami sudah dilengkapi alat kesehatan yang memadai. Ada beberapa Puskesmas juga yang beroperasi 24 jam, dan melayani pasien UGD," pungkasnya. (RMI/RAC)