TangerangNews.com

Luluh Lantak, Gereja di Serpong Tidak Bisa Digunakan Lagi

Rachman Deniansyah | Senin, 27 April 2020 | 13:12 | Dibaca : 21283


Tampak kondisi rusak pada bangunan Gereja Christ Catherdal Tangerang usai terjadi kebakaran, Senin (27/4/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Kebakaran hebat yang melanda Gereja Bhetel Indonesia (GBI) Basilea Christ Cathedral di Jalan Gading Golf Boulevard, Gading Serpong, Kecamatan Pagedagan, Kabupaten Tangerang, Senin (27/4/2020), telah menghanguskan sebagian besar bagian bangunan.

Akibatnya, amukan si jago merah itu pun telah membuat bangunan gereja mengalami kerusakan yang cukup parah.  

"Bangunan ini sudah tidak bisa digunakan lagi," ucap Kepala Bidang kedaruaratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Kosrudin saat di lokasi.

Ia menuturkan, kebakaran yang meluluhlantakkan tempat peribadatan umat Kristiani itu, bersumber dari tempat persembahyangan. 

"Kebakaran bermula terjadi pada ruang sembahyang di lantai tiga," ucap Kosrudin. 

#GOOGLE_ADS#

Menurutnya, api membesar begitu cepat. Tak lama kemudian, kobaran api tersebut menjalar dan menghabiskan ruangan pada lantai di atasnya. 

"Lantai empat habis, sampai ke atas. Kemudian di bawahnya juga lantai dua sudah mulai rusak," imbuhnya.  

Meski tak ada korban jiwa, kata Kosrudin, kebakaran tersebut menimbulkan kerugian materil hingga miliaran rupiah.  

"Pasti ini miliaran yah, karena gedung ini sangat besar, kemudian barang-barangnya juga bagus," tuturnya.  

Menurut pantauan di lapangan sekitar pukul 12.15 WIB,  kobaran api sudah berhasil dijinakan oleh petugas pemadam kebakaran gabungan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Hingga kini, proses pendinginan masih berjalan. (RAZ/RAC)