TangerangNews.com

Senyum Supariah, Warga Tangsel Terbebas dari COVID-19

Rachman Deniansyah | Jumat, 26 Juni 2020 | 19:18 | Dibaca : 986


Siti Supariah,59, seorang lansia yang terbebas dari ancaman COVID-19, Jumat (26/9/2020). (TangerangNews / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Wajah perempuan berusia 59 tahun itu tak henti-hentinya mengulum senyum. Tampak kebahagiaan terpancar dari wajahnya. Ia baru saja dinyatakan sembuh setelah selama sebulan di rawat di Rumah Lawan COVID-19 (RLC) Kota Tangsel.

Perempuan itu Siti Supariah, ia warga kecamatan Pondok Aren. Supariah adalah salah seorang pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG), kemudian ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) oleh tim medis.

Tim gugus tugas COVID-19 Kota Tangsel saat mengantarkan Siti Supariah,59, seorang lansia yang terbebas dari ancaman COVID-19 kekediamannya, Jumat (26/9/2020).

Cerita Supariah sampai menyandang status PDP itu berawal saat anaknya terlebih dahulu terpapar virus corona, beberapa waktu lalu. Setelah menjalani karantina, dan serangkaian pemeriksaan, akhirnya ia dinyatakan negatif virus Corona.

"Awalnya anak saya masuk rumah sakit, tujuannya mau operasi dan sakit lambung. Setelah dinyatakan sembuh memang anak saya mau dipindahkan ke rs lain untuk operasi, tiba-tiba pihak laboratorium datang dan bilang bahwa putra saya terkena gejala COVID-19," ucap Siti di dalam mobil ambulance saat hendak menuju kediamannya, Jumat (26/6/2020). 

#GOOGLE_ADS#

Dari penetapan tersebut, anaknya pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Serang. Selain itu, seluruh anggota keluarga Siti juga harus menjalani sejumlah pemeriksaan, seperti tes cepat (rapid test) dan tes swab. 

Dalam pemeriksaan tersebut, Supariah beserta anak cucunya dinyatakan positif dengan tanpa gejala. Akhirnya mereka pun menjalani perawatan dan masa karantina di RLC. Namun, anak dan cucunya itu dipulanglan lebih dulu. 

"Dari mananya (tertular) kita enggak tau, karena jarang keluar. Tidak ada gejala apa-apa. Jantung saya bagus, paru-paru bagus, semua hasil dari RSUD bagus. Jadi saya enggak ngerasain apa-apa," katanya. 

Tim gugus tugas COVID-19 Kota Tangsel saat mengantarkan Siti Supariah,59, seorang lansia yang terbebas dari ancaman COVID-19 kekediamannya, Jumat (26/9/2020).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Deden Deni mengatakan bahwa hal yang dialami oleh seorang lansia itu dapat menjadi pelajaran dan motivasi bagi seluruh masyarakat dalam menghadapi penyebaran COVID-19. 

"Ini membuktikan bahwa penerapan protokol kesehatan menjadi kunci. Alhamdulillah ibu berusia 59 tahun, yang kita tahu bahwa usia tersebut menjadi paling rentan, Alhamdulillah bisa sehat lagi dan sembuh," ungkap Deden usai melepas kepulangan Siti. 

Selain Siti, terdapat 11 pasien lainnya yang juga berstatus PDP dipulangkan pada waktu yang sama. 

"Tadi kami lepas, sekaligus juga memotivasi supaya semangatnya kembali lagi,dan bisa kembali berkumpul dengan keluarganya," ucapnya.

Dalam kepulangannya, 12 pasien tersebut diberikan surat pernyataan sehat dan terbebas dsri COVID-19.  Setelah dipulangkan, mereka pun juga dijadikan duta dalam melawan penyebaran COVID-19. 

"Mereka jadi duta untuk sosialisasi ke warga agar tidak terjangkit penyakit virus ini dengan pola hidup sehat. Mereka bisa berbagi cerita agar masyarakat bisa lebih peduli dengan protokol kesehatan," pungkas Deden.(RMI/HRU)