TangerangNews.com

Kalapas Kelas 1 Tangerang Dicopot

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 13 November 2020 | 13:27 | Dibaca : 8957


Potret Cai Changpan alias Cai Ji Fan, napi yang berhasil kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Dua bulan setelah peristiwa kaburnya narpidana narkoba Cai Changpan, 53, Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang dicopot dari jabatannya. Jabatan yang sebelumnya sempat ditempati Jumadi, kini diganti oleh Victor Tegu Prihartono.

Namun apakah digantinya Kalapas tersebut ada kaitannya dengan narapidana kabur, pihak Ditjen PAS Kemenkum HAM enggan menjawab. Menurutnya pergantian jabatan merupakan hal yan biasa dalam organisasi.

"Iya betul ada pergantian Kalapas Kelas I Tangerang. Mutasi atau perpindahan ke tempat kerja yang baru adalah hal yang biasa dan bagian dari rutinitas penyegaran kinerja," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM Rika Aprianti seperti yang dialnsir dari Deticom, Kamis (12/11/2020).

#GOOGLE_ADS#

Seperti diketahui Sebelumnya, Cai Changpan, 53, kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, dengan cara membuat jalur tikus di gorong-gorong lapas pada 14 September 2020.

Warga negara Cina berusia 53 tahun ini divonis hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banten karena terbukti menyelundupkan dan mengedarkan 110 kg sabu di Banten.

Dalam pelariannya, dia dibantu oleh dua oknum petugas lapas yang masing-masing berinisial S. Keduanya pun menjadi tersangka buntut kaburnya Cai Changpan ini.

Cai Changpan sempat diburu polisi hingga akhirnya dia ditemukan tewas gantung diri di dalam pabrik pembakaran ban, di Jasinga, Kabupaten Bogor, pada 17 Oktober 2020. (RAZ/RAC)