TangerangNews.com

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias untuk Memperindah Kamar Kost

Tim TangerangNews.com | Senin, 6 September 2021 | 15:33 | Dibaca : 4603


Lima tanaman hias. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan tanaman sebagai salah satu dekorasi untuk sebuah ruangan. Dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan merupakan cara yang baik untuk menghidupkan dan memberi warna pada ruangan.

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias juga berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dan suasana diri pemiliknya serta menjernihkan udara.

Kamu tidak perlu tanaman yang berukuran besar kok. Cukup pilih tanaman berukuran mungil yang bisa kamu letakkan di meja belajar atau di tepi jendela kamarmu.

Cara merawat tanaman hias juga sangat mudah, yaitu siram tanaman hias dengan air secukupnya jangan berlebihan, lalu letakan di tempat yang terkena sinar matahari agar tanaman tersebut tidak lembab atau layu.

Nah, ada beberapa tanaman yang juga berkhasiat untuk membersihkan kamarmu dari zat-zat berbahaya di udara. Pikiranmu juga akan jadi fresh setelah melihat tanaman warna-warni di kamarmu. Yuk, simak apa saja sih tanaman hias yang cocok untuk memperindah di kamar kost.

1. Sukulen

Tanaman Sukulen

 

#GOOGLE_ADS#

 

Sukulen merupakan salah satu tanaman hias kost yang banyak dipelihara. Kamu hanya perlu menempatkan sukulen di ambang jendela yang menerima sinar matahari penuh. 

Ukurannya yang rata-rata kecil pasti akan sangat cocok digunakan sebagai penghias meja belajar kamu. Belakangan ini, tanaman sukulen memang sangat populer digunakan sebagai tanaman penghias kamar kost.

Perawatannya pun cukup mudah, tidak membutuhkan banyak air sehingga tanaman Sukulen dapat bertahan pada masa-masa sibukmu tanpa disiram. Harga tanaman sukulen dijual sekitar Rp10.000 - Rp35.000

2. Monstera

Tanaman Monstera.

 

#GOOGLE_ADS#

Cara merawat tanaman monstera tidak begitu sulit dipraktikkan. Tanaman dengan daun berwarna hijau berukuran lebar ini sedang banyak digemari sebagai tanaman hias. Bentuknya yang unik membuat monstera ini diburu pencinta tanaman.

Tanaman ini bisa dibilang memiliki warna hijau unik yang indah. Keunikan monstera terdapat pada daunnya yang memiliki lubang alami, yang membuatnya terlihat sangat cantik dan elegan. Oleh karena itu, Monstera mampu memberikan nuansa tropis alami pada kamar kost.

Cara merawat tanaman hias monstera tidak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya, yaitu tidak memerlukan cahaya matahari yang begitu banyak, sehingga sangat aman dijadikan tanaman hias dalam kost yang memang minim cahaya. Tapi, kamu harus melakukan perawatan secara teratur kalau ingin monstera tetap cantik dan sehat.

Untuk harga jualnya sekitar Rp30.000 - Rp55.000 itu yang berukuran kecil. Sedangkan untuk yang berukuran besar sekitar Rp100.000 - Rp500.000 

3. Lidah Mertua 

Lidah Mertua.

 

#GOOGLE_ADS#

Lidah mertua atau sansevieria atau snake plant menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer sebagai pajangan di dalam kamar kost karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.

Daun yang keras dan tegak panjang dengan ujung meruncing merupakan karakter bentuk dari lidah mertua. Karena bentuknya yang tajam menjadi alasan tanaman ini memiliki nama lidah mertua.

Cara merawat lidah mertua yaitu, letakan tanaman lidah mertua di tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari sebab tanaman ini membutuhkan cahaya yang redup, lalu siram air sedikit saja ke tanaman hias lidah mertua. Perawatan lidah mertua ini termasuk mudah dan rendah perawatannya. 

Lidah buaya bisa tumbuh di sudut gelap kamar dan tidak akan mudah mati. Untuk harga lidah mertua ini dijual sekitar Rp10.000 - Rp60.000

4. Pachira 

Tanaman Pachira.

 

#GOOGLE_ADS#

Nama tanaman pachira, belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tapi, bagi sebagian etnis tertentu di tanah air, pachira sangat popular. Pachira disebut pohon uang, karena pohon ini memiliki mitos sebagai pohon pembawa rezeki bagi pemiliknya, juga sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan.

Pachira banyak dijual sebagai tanaman hias dengan batang yang bisa dikepang seperti bonsai. Penanaman pachira sangat mudah, hanya dengan menyemai bijinya sebagai bibit.

Penanamannya pun tidak memerlukan biaya besar, sama seperti menanam cabe atau bawang merah. Untuk Harga tanaman ini dijual sekitar Rp30.000 - 80.000

5. Hoya

Tanaman Hoya.

 

#GOOGLE_ADS#

Bagi yang menyukai tanaman hias yang di gantung, hoya menjadi salah satu tanaman hias yang cocok untuk di kamar kost nih. Salah satu tanaman hias yang kini trend karena keindahannya adalah tanaman hoya. Tanaman ini tak hanya cantik, namun juga memiliki aroma wangi dan bentuk beragam.

Tanaman ini adalah tumbuhan tropis yang termasuk dalam keluarga dogbane, apocynaceae. Jika sudah tumbuh subur, daunya akan menjuntai indah, dan memiliki bunga yang berwarna-warni.

Cara merawat tanaman hoya cukup mudah yaitu, letakan tanaman ini ditempat yang teduh, jangan sampai tanaman hoya langsung terkena sinar matahari, karena daunnya akan terbakar alias gosong.

untuk penyiraman tanaman ini cukup disiram selama dua hari sekali atau di saat tanah atas sudah mulai kering. Harga tanaman ini dijual sekitar Rp30.000 - Rp500.000 (RED/RAC)