TangerangNews.com

Rano Karno Dukung Proyek Reklamasi Pantai Utara

Denny Bagus Irawan | Selasa, 19 Oktober 2010 | 18:41 | Dibaca : 16732


Rano Karno (tangerangnews / dira)



TANGERANGNEWS-Proyek  reklamasi pantai utara Tangerang yang akan dilakukan pada tahun 2011 akan menciptakan tujuh pulau baru di laut Jawa. Pulau-pulau tersebut berfungsi sebagai bendungan penahan gelombang air laut yang menyebabkan abrasi atau pengikisan pantai.
 
 Wakil Bupati Tangerang Rano Karno mengatakan,  teknologi terapan untuk reklamasi pantai utara Tangerang itu menggunakan sistem polder. Yaitu, mengeluarkan dan mengeringkan dasar laut melalui pembuatan tanggul dan pengaturan drainase seperti di Pantai Indah Kapuk.

 “Jadi tanggul reklamasi  itu  dibangun 200 meter dari bibir pantai,” ujar Rano, hari ini. 
Menurutnya, karena tanggul buatan yang merupakan bagian dari reklamasi  tidak dibangun tepat di pantai, maka akan memunculkan pulau baru atau pulau buatan. Menurutnya, pulau buatan yang akan dibangun berjumlah tujuh buah.

Rano mengatakan, pulau buatan pertama akan dibuat menjadi pelabuhan. Pelabuhan itu menjadi pelabuhan pendukung dari pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.
Sesuai dengan rencana tata ruang dan wilayah Pemkab Tangerang, di pulau buatan lainnya akan dibangun pergudangan, peti kemas, hotel-hotel, pusat perniagaan modern,  permukiman, apartemen.

 Lebih lanjut Rano mengatakan, pihaknya sangat yakin reklamasi  pantai seluas 900  hektar  dan dengan biaya sekitar Rp 20 triliun itu tidak akan merusak lingkungan. Karena, sebelum reklamasi itu dibangun, Kementerian Lingkungan Hidup dan BKPRN (Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional)  telah melakukan kajian dari aspek amdal (Analisis Dampak Lingkungan) . Hasilnya, kedua instansi tersebut mengatakan reklamasi pantai utara Tangerang aman bagi lingkungan hidup. (doni/fil)