TangerangNews.com

Waktu Tempuh KA Jarak Jauh Makin Cepat, Gambir-Yogyakarta Jadi 6 Jam

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 September 2021 | 10:30 | Dibaca : 41383


Kereta jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Waktu tempuh layanan pada 14 rute kereta api semakin dipercepat 24 September 2021. percepatan waktu tempuh ini bisa dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI), karena ditunjang infrastruktur baik yang telah dibangun pemerintah, terutama di jalur selatan.

"Karena sarana dan prasarana lebih baik, sudah banyak double track sehingga dapat mempercepat perjalanan kereta," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo usai meresmikan tiga inovasi layanan tersebut di Stasiun Bandung, Kota Bandung, seperti dilansir dari Detikcom, Jumat 24 September 2021.

Menurutnya, ini merupakan upaya KAI yang ingin bergerak lebih cepat dalam memberikan kualitas pelayanan kereta api yang lebih baik kepada masyarakat.

“KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan," ujar Didiek.

#GOOGLE_ADS#

Adapun rute dengan percepatan waktu tempuh yakni pada perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp).

"Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat, namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan," ujar Didiek.

Misalnya untuk rute Gambir-Yogyakarta pp perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

Percepatan juga terjadi di KA lainnya, misalnya KA Argo Wilis rute Bandung- Surabaya Gubeng pp lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit.

"Sedangkan Argo Bromo Anggrek rute Gambir-Surabaya Pasar Turi pp setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit," ujar Didiek.