TangerangNews.com

Lebih Efektif, Vaksinasi Door To Door di Kota Tangerang Digencarkan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 29 September 2021 | 16:51 | Dibaca : 197


Kegiatan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19 secara door to door. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai blusukan untuk menggencarkan vaksinasi door to door, untuk meningkatkan capaian yang lebih tepat sasaran.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan, vaksinasi door to door sudah digelar sekitar dua pekan lalu.

Cara ini dinilai cukup efektif, pasalnya petugas menyisir secara lebih tepat sasaran. Terlebih, cara ini juga dapat menjangkau mereka yang kesulitan datang langsung ke gerai vaksinasi.

“Vaksinasi door to door juga ditujukan untuk menjangkau mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari informasi," kata dr Dini, Rabu 29 September 2021.

Pastinya, melalui sistem door to door ini, Pemkot Tangerang ingin memberikan hak warga negara atau hak masyarakat untuk mendapat vaksin secara mudah dan cepat.

Menurut dr Dini, jenis vaksin yang digunakan dalam sistem door to door adalah sinovac. Walau vaksinasi door to door sudah dimulai, gerai vaksinasi ditingkat RW hingga saat ini masih terus belangsung.

#GOOGLE_ADS#

"Per kemarin, capaian vaksinasi sudah 1.200.576 jiwa atau 81,2 persen pada dosis satu dan 679.205 jiwa atau 45,9 persen pada dosis dua,” paparnya.

Sementara itu, salah satu wilayah yang menggelar vaksinasi door to door ialah Keluarahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari bersama jajaran Puskesmas Neglasari.

Andia Suherlandia, Lurah Karang Anyar menuturkan ini menjadi hari ketiga ia menggelar vaksinasi door to door. Menyisir rumah ke rumah, warga mana yang belum mengikuti vaksinasi.

“Luar biasa, memang cara ini lebih melelahkan tapi secara capaian cukup efektif. Mereka yang terkena hoaks dengan cara ini bisa kita lakukan pendekatan dan penjelasan," kata Andia.

Tiga hari menggelar vaksinasi door to door Kelurahan Karang Anyar bersama Puskesmas Neglasari sudah bisa menjaring 400 warga untuk mengikuti vaksinasi.

Ia memastikan, cara ini akan terus ia gencarkan hingga target vaksinasi di wilayahnya tercapai hingga 100 persen.

“Kelurahan Karang Anyar targetnya 10.500 jiwa tervaksinasi, hingga saat ini sudah 8.200 sisanya sekitar 2 ribuan warga akan kita sisir terus dengan sistem door to door seperti ini. Semoga bisa segera terselesaikan, semua tervaksinasi dan semua sehat,” harapnya.