TangerangNews.com

Kabupaten Tangerang Punya Alat Deteksi Gempa & Tsunami Canggih

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:19 | Dibaca : 465


Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Tifna Purnama. (@TangerangNews / tangerangkab.go.id)


TANGERANGNEWS.com-Kabupaten Tangerang memiliki pantai di wilayah utara yang berpotensi terkena bencana tsunami jika terjadi gempa kuat.

Karena itu, Kabupaten Tangerang dilengkapi alat pendeteksi gempa dan tsunami untuk  mengantisipasi bencana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Tifna Purnama menjelaskan nama alat tersebut adalah Ina TEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System) Newgen, yang merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat.

"Berfungsi untuk mengirimkan informasi terkini saat terjadi gempa bumi di tiap daerah di Indonesia," katanya, Kamis 21 Oktober 2021.

Dengan informasi tersebut, pemerintah khususnya instansi yang terkait penanggulangan bencana dapat segera melakukan proses evakuasi terhadap masyarakat.

Informasi yang didapatkan tidak hanya di Kabupaten Tangerang, namun seluruh Indonesia, baik gempa maupun tsunami.

#GOOGLE_ADS#

"Melalui alat ini, bisa membantu kami dan masyarakat untuk mengambil langkah dan kebijakan apa yang harus dilakukan,” ucap Tifna.

Alat tersebut akan memberikan sinyal peringatan dan informasi detail tentang lokasi gempa, waktu, magnitudo, kedalaman getaran, kekuatan gempa, dan sebagainya. 

"Misal ada gempa di wilayah perairan Kabupaten Tangerang khususnya di pantai selatan, maka tidak sampai tiga menit setelah ada gempa kami langsung infokan ke masyarakat setempat dan stakeholder yang terkait," jelasnya.