TangerangNews.com

Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Khawatir Vaksin Kedaluwarsa

Tim TangerangNews.com | Selasa, 18 Januari 2022 | 14:45 | Dibaca : 282


Juru bicara Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi. (@TangerangNews / Diskominfo Kab.Tangerang)


TANGERANGNEWS.com-Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang mengkhawatirkan masa ketahanan vaksin jenis Pfizer yang tidak bisa terlalu lama sehingga harus segera digunakan. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, vaksin jenis Pfizer ketika sampai di Faskes atau Puskesmas, masa ketahanannya hanya satu bulan dari pendistribusian. 

“Jadi kita kalau hanya menunggu lansia saja itu, takutnya keduluan kedaluwarsa, sehingga kita memutuskan vaksin itu digunakan juga untuk 18 tahun ke atas dengan sasaran seperti pelayan publik seperti ASN dan guru," ujar Hendra di Tangerang, Selasa 18 Januari 2022. 

Hendra menyebutkan, saat ini kiriman vaksin untuk booster yang didapat dari Pemerintah Provinsi Banten sebanyak 80 ribu. Vaksin sebanyak itu diprioritaskan untuk lansia. Namun, pada saat pelaksanaan vaksin ternyata minat lansia sangat sedikit.

"Jadi kebijakan Pak Bupati, kita barengin dengan usia 18 tahun ke atas, supaya nanti proses vaksin lansia dan usia 18 tahun ke atas ini bisa terus berjalan dengan menggunakan dosis vaksin 80 ribu kemarin," jelasnya. 

#GOOGLE_ADS#

Hendra menuturkan, hari ini pihaknya mendapat dosis vaksin sebanyak 10 ribu jenis Pfizer untuk usia 18 tahun ke atas. Dosis vaksin yang diterima Pemkab Tangerang sudah mencapai 90 ribu. 

Dari total vaksin 90 ribu, lanjut Hendra, vaksin yang terpakai oleh lansia sampai saat ini baru sekitar 2.00.Untuk itu maka kebijakan bersama, vaksin tersebut dipakai untuk usia 18 tahun ke atas. 

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Kapolresta Tangerang, Dandim 05/10, dan Kajari Tigaraksa disuntik vaksin booster jenis Pfizer. Bupati dan Forkopimda melakukan kick-off vaksinasi ketiga tersebut bagi para ASN pelayan publik dan TNI-Polri di lingkungan Pemkab Tangerang.

Pelaksanaan vaksinasi booster tersebut dilakukan di GSG Gemilang Pemkab Tangerang dan diikuti seluruh ASN pelayan publik serta seluruh pejabat di jajaran Pemkab Tangerang. 

Di sela-sela acara tersebut, Bupati Zaki mengatakan dilakukan pembukaan vaksinasi ketiga untuk para petugas pelayan masyarakat, ASN, TNI-Polri, dan Kejaksaan yang ditargetkan nanti di kawasan Puspem akan segera selesai untuk seluruh ASN.